Postingan Yang Mencatut Nama Baik Bupati Rudy, Dilaporkan Ke Polres Garut

414
Ket poto: WA yang disadur yang diposting, beredar di medsos fb

KF, – Kab Garut heboh dengan beredarnya postingan melalui media sosial Facebook (FB), Senin (19/12) malam sekitar Pukul 19.00 WIB. Dalam postingan FB yang telah disadur pada WhatsApp (WA) itu terdapat dialog antara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kab. Garut, Wahyudijaya dengan seseorang wanita bernama Novianti Nila Mazna asal Klari Karawang Kota. Isi dialog itu sepertinya wanita tersebut menanyakan situasi dan kondisi mutasi pejabat dalam SOTK Kab. Garut yang akan di umumkan beberapa hari ke depan. Dalam dialog itu, turut menyeret nama Bupati Garut, yang kemudian di screenshoot (difoto oleh orang yang belum dikonfirmasi siapa), lalu di upload di Facebook oleh akun ‘Nofianti Nila Mazna’ pada Senin (19/12) malam.
Ditemui di Kantornya, Selasa petang, Wahyudijaya, pihak yang nama dan foto tertera dalam dialog tersebut, merasa tidak pernah melakukan dialog seperti itu dengan siapapun.
Bahkan, menurut dia, ia pun mengaku tidak mengenal dengan akun Facebook wanita tersebut yang menggupload pembicaraan mengenai kebijakan mutasi yang sarat dengan uang. Oleh karena itu, setelah disetujui Bupati, Wahyu melaporkan akun Facebook atau pihak yang memposting dialog mutasi pejabat itu ke pihak Kepolisian, dengan tuduhan pencemaran nama baik karena dianggap mencatut nama dan foto dirinya, sedangkan ia tidak merasa melakukan dialog itu.
“Akun itu sudah dilaporkan (ke Polres Garut, red), dan nama-nama yang ditandai juga dicatat untuk ikut dimintai keterangan,” ujar Wahyu, selasa (20/12/ 2016) petang.

Wahyudjijaya saat memperlihatkan Surat pengaduan kekepolisian, tentang pencemaran nama baik
Wahyudjijaya saat memperlihatkan Surat pengaduan kekepolisian, tentang pencemaran nama baik

Apabila melihat dari kejadian ini, wahyu menilai hal ini disebabkan momen saat ini dimana di lingkungan Pemkab Garut sedang hangatnya rotasi mutasi jabatan termasuk eselon 2,  bisa juga ada kaitan jelang tahun politik di tahun 2018, bisa pun menurutnya dari faktor internal. Namun terkait pastinya, ia menyerahkan kepada pihak Kepolisian untuk menelusuri siapa biang yang menyebarkan itu dengan tuduhan membawa identitas dirinya.
Senada dengan Wahyu, Bupati Kabupaten Garut, H Rudy Gunawan SH MH, merasa dicemarkan nama baiknya atas mencuatnya obrolan itu yang kemudian di posting di media sosial. 
“Akan dilaporkan, supaya ada suatu penegakan hukum dalam masalah ini. Saya ingin tahu, nanti pak Wahyu harus lapor nanti itu akan terlacak. (Apabila diketahui siapa pelakunya, red) saya akan pidanakan itu, karena pencemaran nama baik ke kita,” kata Bupati.
Ia pun menyangkal apa yang dibicarakan dalam dialog dengan nama wahyu DJ dengan seseorang di WA. Menurut Rudy, tidak ada permainan uang untuk memuluskan rotasi-mutasi atau lelang jabatan di lingkungan Pemkab Garut. (J Wan/dra R)

BAGIKAN