Diduga Lalai, Pabrik Tahu di Ciawi Ludes Terbakar

154

Koran-Fakta.com (Kab.Tasikmalaya)
Warga Kampung Asem RT.002 RW.01 Desa Kurnia Bhakti Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, Dikejutkan dengan kobaran api dari sebuah pabrik tahu milik Hendar (44), Minggu (10/5/2020) siang tadi sekitar pukul 13.30 WIB.

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian materil ditaksir sekitar Rp. 60 juta, ” terang Danramil 1204/Ciawi Mayor Inf Deni kepada koran-fakta.com melalui press realis Pendim 0612/Tasikmalaya.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kebakaran pabrik tahu tersebut akibat kelalaian manusia.

Sebelum kejadian kebakaran, Yayat yang merupakan adik kandung pemilik pabrik tahu, yang kebetulan bekerja di pabrik tersebut mengahangatkan kompor. Lalu Yayat pergi kebelakang pabrik sesaat sebelum api berkobar.

“Diperkirakan saat Yayat kebelakang itulah, api dalam kompor menyambar minyak goreng sehingga api mulai membesar dan meluluhlabtahkan barang barang disekitar hingga pabrik tahu berujuran 4×6 meter akhirnya ludes terbakar, ” Jelas Danramil Ciawi.

Dalam kejadian teraebut, akhirnya pihak Koramil berkoordinasi dengan Muspides,instansi terkait, RT/RW, BPBD, serta dulanjutkan upaya memadamkan api dengan sarana prasarana yang seadanya.

Bahkan pihaknya langsung menghubungi dan berkoordinasi dengan Damkar Kabuaten Tasikmalaya dengan menerjunkan 6 orang pegawai Damkar. Bahkan warga pun ikut membantu dalam memadamkan kobaran api. Dan dalam beberapa saat api berhasil dipadamkan.

“Unsur yang membantu terlibat diantarnya, TNI: 1 orang, BPBD: 1 orang Serta Perangkat Desa: kepala dusun dan warga masyarakat dan Petugas Damkar: 6 orang, “pungkas Mayor Deni. (Tono Efendi)

Editor: J Wan

BAGIKAN