Dinkes Dan Diskominfo Kabupaten Garut, Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella (MR)

171

GARUT,(KF)-Sosialisasi dan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) sampai saat ini terus dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, hal ini dilakukan di semua sektor. Salah satunya dengan mengadakan jumpa pers dengan para awak media tentang pentingnya kampaye MR di Aula Akper Pemda Garut Jalan Proklamasi Kabupaten Garut, Jumat(28/07/2017)pagi.

Sementra itu Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinkes Kab.Garut dr Hj Jana Markus Yajariawati. MKM mengatakan, Kampaye Imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun, virus yang dapat mengakibatkan kecacatan bahkan kamatian, imunisasi MR ini tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Kabupaten Garut untuk mencapai target pencapaian kampanye MR minimal 95% ini dibagi dua fase yaitu fase 1 dilaksanakan disemua provinsi pulau Jawa dan fase 2 dilaksanakan diseluruh luar pulau Jawa, Pelaksanaan nya sendiri dilaksanakan pada bulan Agustus dan bulan September, pada tahap pertama dilaksanakan pada bulan Agustus untuk anak usia sekolah SD dan SMP dilakukan ditiap-tiap Sekolah, sedangkan untuk bulan September sasarannya untuk usia 9 bulan sampai 7 tahun dilaksanakan di posyandu dan Puskesmas,” jelasnya.

Lebih jauhnya, untuk persiapan nya Dinas Kesehatan Kab.Garut, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh pihak Puskesmas dibantu oleh kader dan pihak sekolah, untuk sasaran kampanye MR di Kabupaten Garut sebanyak 757.107 anak dengan jumlah 4.000 posyandu dan TK/RA 1.946, SD/MI 1.981, SLTP/MTs 5.55 dan SLTA/MA/SMK 54. Dengan kebutuhan logistik bahan habis Pakai seperti Vaksin MR 94.638 vial dengan melibatkan seluruh tenaga kesehatan sebanyak 1.912 orang, 3 guru disetiap sekolah dan kader mencapai 12.000 kader, ” ujarnya

dr Jana pun menambahkan, kampanye imunisasi MR merupakan kesempatan pertama dan terakhir jangan sampai disia-siakan harus dipersiapkan dengan baik dan mencapai target minimal 95% merata disemua wilayah, untuk mencapai eliminasi campak dan rubella tahun 2020.
” Mari Kita Sukseskan Kampaye Imunisasi MR, Bersama Kita Bisa” tegasnya.( J Wan/dra R)

BAGIKAN