DKM Al Islah Cibogo Sukaraja, Rayakan HUT RI Ke 73 Dengan Perlombaan Bernuansa Religius

347

KAB.TASIKMALAYA, (KF).- Banyak cara masyarakat dalam memperingati HUT RI ke 73. Berbagai macam kegiatan dan Kaulinan diadakan hampir diselurih perkotaan maupun Pedesaan.

Ada yang unik dan menarik cara warga merayakan Kemerdekaan, seperti yang dilaksanakan oleh masyarakat dan DKM Al Islah Kp.Cibogo Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya.

Pada malam jelang HUT RI ke 73 ratusan masyarakat Kp. Cibogo mengikuti “Tahlilan Akbar” yang digagas oleh tokoh masyarakat yang juga Ketua DKM Al Islah Cibogo, Dadang Yustadin.

Menurut Kang Lulus-sapaan akrabnya Dadang Yustadin kepada Jurnalis koran-fakta.com menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan dalam memeriahkan HUT RI  memang hampir seluruhnya kegiatan dan perlombaan bernuansa Religius Islami, dan ini sesuai dengan kultur dan budaya masyarakat Sukaraja dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Kegiatan Tahlilan Akbar ini dilakukan untuk mendoakan para pejuang Kemerdekaan Indonesia, dan masyarakat saat itu sangat antusias berdoa bersama jelang peringatan HUT RI ke 73,” ungkap Kang Lulus kepada koran-fakta.com, Jumat (17/8/2018) lalu disela sela acara Upacara peringatan detik detik Proklamasi tingkat Kecamatan Sukaraja di Lapang Desa Janggala.

Bahkan Pria bertubuh tegap ini mengatakan, kegiatan lainnya yang diselenggarakan di wilayahnya memang terbilang unik, beberapa perlombaan yang bernuansa Religi lainnya diperlombakan. Seperti lomba Sholat Subuh Berjamaah, Lomba Menabuh Bedug, lomba Adzan, lomba Khotib, lomba mengurus jenazah dan lomba cerdas cermat dan lomba Qosidah.

Menurut kang Lulus, kegiatan ini mudah mudahan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Dan warga pun bisa menyadari dan memahami pentingnya mejalankan syariat Islam dilingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

Mudah mudahan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dan pihak DKM Al Islah Cibogo ini mendapat pahala dan dijadikan amal ibadah, ucap Kang Lulus yang ketika itu didampingi Pimpinan Pondok  pesantren Siqoyatul Badriyah Andi Nugraha SSY SH, Ustad Komarudin Abd Mubarok SSY.

Kegiatan HUT RI ke 73 di wilayah Kp.Cibogo ini berlangsung dari mulai 4 hingga 19 Agustus 2018. Dan di ikuti oleh 12 RT. Adapun puncak kegiatan akan ditutup dengan acara Jalan Sehat Bersama Warga pada hari Minggu 19 Agustus 2018 mendatang.

“Mudah mudahan dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan DKM Al Islah dan Tokoh masyarakat Cibogo ini, dapat memperkuat tali silaturahmi, masyarakat bisa bersatu dengan nuansa kerukunan dan persaudaraan yang akan tetap terus terjaga keharmonisan,” pungkas Kang Lulus.

Jurnalis : Tono Efendi
Editor. : Van’s