DLH Kab.Garut Akan Sosialisasikan Kembali Perbup Tentang Sampah

431
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kab.Garut, Guriansya

Koran-Fakta.com, (KF). –Untuk menghadapi persiapan penilaian Adipura Tahun 2020, serta memaksimalkan pengelolaan sampah di Kabupaten Garut dan mencegah aksi pembuangan sampah sembarangan oleh masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut akan melakukan sosialisasi kembali terhadap Peraturan Bupati (Perbup) Tahun 2014 tentang tata cara penerapan sanksi pelanggaran atas larangan membuang sampah tidak pada tempatnya dan tentang jam pembuangan sampah yang telah ditentukan atau disediakan, Hal tersebut dikatakan Sekretaris DLH Kab.Garut Guriansyah, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (14/10/2019)

Rencana sosialisasi tersebut akan dimulai Dinas Lingkungan Hidup Garut, Diputuskan wilayah sekitar perkotaan yang di sosialisasikan terlebih dahulu yaitu Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Tarogong Kidul , serta Kecamatan Tarogong Kaler.

“Sosialisasi tentang waktu kesesuaian menempatkan sampah pada tempatnya dengan waktu tidak lebih dari jam 6 pagi. Sehingga lambat laun penanggulangan sampah dapat terurai, Sekarang kita (DLH-red) bukan menggunakan istilah pembuangan sampah tapi melainkan kata penempatan sampah, karena diharapkan masyarakat bisa disiplin dalam menempatkan sampahnya,” jelasnya

Lebih jauh Guriansyah menjelaskan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut berencana menerapkan sanksi bagi pelanggar kebersihan. sanksi yang diterapkan berupa denda uang dengan jumlah yang beragam. Nantinya, Pemkab Garut akan membentuk tim penegak disiplin yang siap mengintai warga buang sampah di sembarang tempat.

“Insyaallah sosialisasi akan dilaksanakan pada awal Tahun 2020, Sementara untuk denda bisa saja Rp 50 sampai Rp 500 ribu, sesuai tingkatan pelanggarannya,” paparnya.

Ia pun berharap sosialisasi tentang sampah ini bukan hanya untuk mengahadapi penilaian Adipura saja, tapi berharap peran serta masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan, khususnya di Kab.Garut, pungkasnya (J Gunawan)

Editor : Indra R
BAGIKAN