Yudi Nugraha: Domba Garut Merupakan Icon Budaya Kabupaten Garut

315

Keterangan Poto : Penasehat DPC HPDKI Kabupaten Garut, Yudi Nugraha
Keterangan Poto :
Penasehat DPC HPDKI Kabupaten Garut, Yudi Nugraha
KF.- Kabupaten Garut merupakan salah satu penghasil bibit domba Garut terbaik di seluruh Indonesia. Namun saat ini bibit terbaik domba Garut sudah berada di luar Garut kabupaten Garut sendiri.” Domba Garut, merupakan budaya yang dimiliki Kabupaten Garut. Tetapi saat ini budaya tersebut sudah mulai menghilang. Kami sangat heran domba Garut adalah milik Garut, tetapi kenapa bibitnya berada di luar Garut,” Ucap Penasehat DPC HPDKI Kabupaten Garut, Yudi Nugraha, yang juga pemilik restoran Domba Haouse, Kamis (24/11/2016) pada wartawan, usai menghadiri pelantikan pengurus HPDKI periode 2016-2021 di Gedung Pendopo Garut.

Lanjut Yudi, domba Garut merupakan icon budaya Kabupaten Garut, makanya kepengurusan yang baru serta pihak pemerintah harus mampu untuk bisa mengembalikan kembali bibit terbaik domba Garut yang kini berada di luar Kabupaten Garut.

” Bibit domba Garut terbaik yang berada di luar Garut, harus kembali lagi dan menjadi penghasil terbaik,” Ujarnya.

Yudi Berharap Kabupaten Garut, harus mampu mempertahankan budaya domba Garut kembali jangan sampai Garut berada di urutan ketiga di Jawa Barat.

Lebih jauh dikatakan lagi, untuk menarik kembali wisatawan yang datang ke Garut, dirinya sudah mulai merintis usaha yakni di bidang kuliner, membuat restoran kuliner makanan khusus domba. Termasuk akan melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok domba yang berada di Kabupaten Garut.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Seksi Distribusi dan Pemasaran Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Aida Rosana, membenarkan kalau Kabupaten Garut, merupakan salah satu Kabupaten penghasil domba yang berada di urutan ketiga di Provinsi Jawa Barat. Yang mana hal ini dipandang perlu untuk kembali dilakukan pembinaan terhadap para kelompok tani.

” Populasi domba di Jawa Barat saat ini sebesar 11,6 Juta, namun Garut berada di urutan tiga,” ucapnya.

Menurutnya, banyak bibit domba Garut yang berada di luar Kabupaten Garut. Makanya pihak Dinas Peternakan Kabupaten Garut, harus segera mengamblil langkah-langkah, seperti melakukan pemurnian kembali serta melakukan recording yang jelas.

” Tidak boleh melakukan perkawinan domba Garut dengan jenis domba lainnya, sehingga akan berpengaruh terhadap pembibitannya,”

Peran Dinas Peternakan Kabupaten Garut sangat berpengaruh terhadap keberadaan domba Garut itu sendiri. Yang mana harus mampu melakukan sertifikasi domba jangan sampai keberadaan domba Garut seperti yang terjadi saat ini. Pungkasnya.(Dra R)

BAGIKAN