DPC PDI-Perjuangan Garut, Berikan Bantuan APD Ke RSUD dr Slamet

246

Koran-Fakta.com, (KF).- Sudah menjadi agenda rutin Jajaran DPC PDI – Perjuangan Garut melakukan Bakti sosial diberbagai daerah di kabupaten Garut, semenjak Pemerintah secara resmi adanya pandemi virus Corona atau Covid-19.

Dikatakannya, Ketua PDI Perjuangan Yuda Puja Turnawan , salah satu upaya yang kita lakukan untuk terus melawan metigasi covid 19, sementara hari ini ada dua rangkaian kegiatan, pertama di Pasar semarang untuk membagikan Hand Sanitizer dan Masker kepada pedagang pasar dan pengunjung.

“Kegiatan tersebut bagian dari rangkaian kami dari sejak tanggal 18 Maret 2020,” Kata Yuda pada para awak media, disela kegiatan, Selasa (14/04/2020)
Ket poto: Ketua DPC PDI Perjuangan Garut, Yuda Puja Turnawan
Kedua rangkaian pemberian sebanyak 60 APD (Alat Perlindungan Diri) untuk tenaga medis di RSUD dr Slamet. APD ini sumbangsih dari DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, dimana kami DPC PDI Perjuangan Garut diamanatkan oleh DPD agar APD tersebut diberikan ke RSUD dr Slamet, Ujarnya

Lebih jauh Yuda menyampaikan, tujuan dari pemberian APD ini adalah bagian dari semangat gotong royong untuk melawan Covid-19, seperti kita ketahui bahwa tenaga medis adalah Garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien baik PDP maupun yang positip,

Yuda menambahkan, di samping itu juga kami di DPRD Kabupaten Garut kemarin sudah rapat dengan Bupati Garut, selaku ketua tugas penanganan covid-19, Dari hasil tersebut, Insyaallah akan ada pergeseran belanja sebesar hampir Rp. 100 Miliar.

” jadi sekarang itu dari setiap kegiatan program, di tiap SKPD sekitar 6% ada efisiensi itu dapat angka Rp. 49 Miliar baik perjalanan dinas, dan makan minum (Mamin), ” Tuturnya

Termasuk kami, lanjut Yuda sekretariat DPRD, perjalanan dinas maupun makan minum dikurangi 20% berikut SKPD lainnya dapat angka sebesar Rp. 22 Miliar

” kalau ditotalkan Rp. 49 Miliar ditambah Rp. 22 Miliar menjadi Rp. 71 Miliar dari hasil efisiensi. Kalau ditambah dengan BTT awal 25 Miliar l ditotalkan baru diangka Rp. 96 Miliar dan anggaran tersebut dialokasikan untuk Biaya Tak Terduga (BTT), “tuturnya.

Sementraa Dirut RSUD dr.Slamet Garut dr.H.Husodo Dewo Adi,SpOT dan mengucapkan terimakasih, dengan bantuan ini tentu merasa sangat terbantu dengan menjadi lebih siap lagi dalam rangka memaksimalkan perawatan pasien-pasien covid-19.”ucap Husodo.

Sebagai mana kita ketahui bahwa, pemakaiannya alat pelindung diri (apd) bagi kita sangat vital,sebab hal itu digunakan hanya satu kali pakai kemudian dibuang,jadi lebih lengkap lagi untuk pelayanan pasien pasien dengan adanya bntuan APD itu sendiri.

Kalau mengenai kebutuhan APD untuk di rumah sakit ini memang kita memerlukan jumlah banyak sekali karena dalam sehari ini bisa pakai 10 -20 APD .”jelasnya.

dr.Husodo menambahkan, untuk stok hari kita memilik ada sekitar 400 APD. Selain itu,dalam situasi saat ini kita juga perlu bnyak untuk kebutuhan seperti,masker,hand sanitizer,sarung tangan steril,gogle dan lainnya yang berkaitan dengan Covid-19 ini.”pungkasnya.

(J Gunawan)

BAGIKAN