DPMPD Garut Gelar Perlombaan Kelurahan Tingkat Kabupaten

156

GARUT, KF – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) menggelar kegiatan lomba Kelurahan tingkat Kabupaten tahun 2017. Salah satunya Kel Muara sanding yang mewakili Kec Garut Kota, Rabu (19/04/2017)
Dengan kegiatan lomba Kelurahan ini, akan menjadi masukan Pemkab Garut ke pemerintah Pusat atau Provinsi guna menyamakan kesenjangan khususnya dalam bantuan antara desa dan kelurahan. Perlombaan ini ditujukan agar lebih memacu dalam berlomba-lomba dalam kualitas pemerintahan atau kemasyarakatan di tingkat Kelurahan yang di Garut berjumlah 21 Kelurahan, Kata Kepala Bidang DPMPD Kab Garut, Asep Mulyana SIp.
Lanjutnya, berdasarkan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 81 tahun 2015, dimana ada evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, sehingga dikotomi antara kelurahan dan desa bisa terkikis.
“Dengan lomba ini kita coba mensinergikan dalam lomba desa dan kelurahan. Memang saat ini kelurahan ini bisa dibilang tersisihkan seiring adanya undang-undang desa nomor 6 tahun 2014, makanya kami menyerlenggarakan ini (lomba) kemudian nanti diseharahkan lagi ke tingkat pusat. Mudah-mudahan bantuannya sama, keberpihakannya antara desa dengan kelurahan,” kata Asep. 

Beberapa aspek baik itu pada lembaga ataupun tatanan masyarakat menjadi bahan penilaian, diantaranya, kemantapan dalam menjalankan roda pemerintahan tingkat Kelurahan, pembangunan, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan inovasi. “Ada dua tahapan lomba,  dari tingkat sebelumnya di masing-masing kecamatan, dan sekarang tingkat Kabupaten, Siapa nanti yang terbaik, ada jenjang lomba selanjutnya mewakili Garut (lomba serupa) di tingkat Provinsi,” pungkasnya. 
Sementara, Camat Garut Kota, Drs  Bambang Hafid MSi, mengatakan, berdasarkan hasil pengembangan dan evaluasi, Kelurahan Muarasanding maju untuk mewakili Kecamatan Garut kota dalam lomba Kelurahan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa lebih memacu semangat untuk berlomba menciptakan lingkungan baik di pemerintahan atau masyarakat yang lebih baik lagi,” ujarnya (J Wan/dra R )***

BAGIKAN