Dr.Helmi Budiman, Tutup Festival Marawis se-JawaBarat

49

Wartawan : J.Gunawan/PH

GARUT, ( KF )- Bertempat di Alun-alun Tarogong, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Minggu (26/11/2017), Festival Marawis memperingati Harlah ke 4 yang Ikatan Hadroh Marawis Garut (IHMAGA), tingkat Provinsi Jabar,
Sukses digelar.

Pantauan Koran-Fakta.com dilapangan, Walaupun hujan gerimis antusias peserta dan warga tidak surut, dan kegiatan ini dapat sambutan baik dari masyarakat, ini ditandai dengan banyaknya group yang mendaftar menjadi peserta. Sebanyak 40 group yang mendaftar dari berbagai daerah dalam Festival Marawis se-Jawa Barat.

Acara dibuka oleh Bupati Garut Rudy Gunawan sementara penutupan dilaksanakan oleh wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman.

Ketua Ikatan Hadroh Marawis Garut (IHMAGA) JuJu Juhana yang dikenal dengan sapaan Ki Anom mengatakan, ini dalam rangka harlah ke-4, Alhamdulillah telah terselenggara marawis yang ada di Kabupaten Garut khususnya dan umumnya di Jawa Barat, satu ikatan dan kedepannya mendapatkan ridho Allah SWT.

“Untuk peserta tadinya sebanyak 40 grup dan yang hadir sebanyak 37 grup, terdiri dari 10 Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Barat, Alhamdulillah untuk peserta Garut sendiri sebanyak 15 grup dan sisanya dari daerah diluar kab Garut”, ujarnya.

Ket Poto: istimewa

Lebih jauh mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan satu hari satu malam, dari jam 08:00 Wib pagi hingga malam, festival ini selain memperebutkan piala bergilir Bupati Garut juga memperebutkan piala bergilir IHMAGA.

“Secara penilaian sendiri dibagi tiga katagori untuk juri satu lebih pada Vokal sedangkan juri dua dibidang Koreo dan juri tiga dibidang unggulan,”jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan IHMAGA ini semoga anak-anak marawis rahmatan Lil alamin, dan untuk kedepannya meningkat satu ikatan oleh marawis ini semoga mendapat Syafaat Baginda Rasulullah SAW.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dan juga selaku pembina IHMAGA, Sangat mengapresiasi kegiatan Marawis yang sebesar-besarnya terutama pada panitia yang mampu menggelar even besar setingkat dengan Jawa Barat,”ini adalah sebagai syair Islam dan syi’ar Islam,” ucapnya

Ditempat yang sama Fasilitator IHMAGA, Kang Muhoyar Fudzy menambahkan, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dan kedepannya lebih baik lagi, serta mudah-mudahan dari 10 Kota/Kab yang hadir, untuk tahun depan bisa mencapai 27 Kota/Kab, tambahnya.

Editor: Indra R

BAGIKAN