Dulu Kumuh, Kini Lorong Gang Gn. Ceuri dan Gn. Kembang Kelurahan Tuguraja Menjadi Bersih dan Laleucir

74

Koran-Fakta.com (KF). Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang kini sedang dikebut oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Tasikmalaya disambut warga dengan gembira, pasalnya lorong lorong gang yang awalnya terlihat garinyul dan kumuh, kini menjadi bersih, mulus dan lalecir.

Seperti yang kini dirasakan oleh masyarakat Gunung Ceuri RT. 05/09 RT. 02/09, RT. 06/09 dan RT. 03/04 Gunung Kembang Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya, jalan dan lorong lorong gang mulai di aspal.

Kegiatan penataan lingkungan di kawasan permukiman Kelurahan Tuguraja Kec.Cihideung di daerah tadi, dikerjakan oleh CV. GALURA JAYA dengan biaya anggaran Rp.92.500.000,- melalui sumber dana APBD Banprov Kota Tasikmalaya. Pengerjaannyapun menurut warga setempat dikerjakan secara apik dan pekerjaannyapun cukup memuaskan dirasakan warga Gunung Ceuri.

Ketua RT. 02RW/09 Erwin mengatakan, Lorong gang yang ada dilingkungannya itu, dulu terlihat sebagai kawasan kumuh, saat ini sudah menjadi bersih dan nyaman untuk masyarakat sekitarnya. “Semenjak adanya program Kotaku itu. Lorong gang sudah bersih dan lalecir, mudah mudahan masyarakat bisa menjaga dan memeliharanya, apalagi disaat musim penghujan yang telah tiba ini, mudah mudahan terbebas dari banjir,” ucap Erwin Ketua RT. 02/09 Gunung Ceuri kepada koran-fakta.com, Sabtu (29/11/2019) siang tadi.

Hal senada di ungkapkan Ketua RT. 05/09 Gunung Ceuri H.Nandang
mengaku apresiasi kepada Pemkot Tasikmalaya khususnya Dinas PRKP yang pada tahun daerahnya mendapat perhatian.

“Atas nama warga, kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Tasikmalaya yang telah memperhatikan jalan lingkungan diwilayah kami. Dan kami melihat kinerja para pegawai dilapangan yang bekerja sangat profesional dan sesuai masyarakat setempat,” imbuh H.Nandang.

Aktivitas masyarakat diwilayah gunung ceuri dan gunung kembang kini sudah kembali normal untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Untuk itu, dirinya bersama warga lain akan menjaga dan melakukan perawatan jalan dan gang.

“Warga yang berada di wilayah Gunung Ceuri dan Gunung Kembang Kelurahan Tuguraja akan menjaga dan memelihara jalan serta lorong gang yang sudah ada semakin baik,” tambah Ketua RT. 06
/09 Gunung Ceuri, Aay.

Sementara itu Kepala Bidang Perwaskim Dinas PRKP Kota Tasikmalaya, Yadi Kusdiman, ST.
mengatakan masyarakat senang melihat adanya program Kotaku yang sudah terbukti mengentaskan kekumuhan. “Saya menginginkan akses jalan bagus, dan yang dulunya lorong gang kumuh menjadi nol kumuh,” ucap Yadi kepada koran-fakta.com sore tadi.

Yadi menginginkan program Kotaku ini mudah mudahan terus berkesinambungan dan berkelanjutan untuk membedah lingkungan yang kumuh menjadi bersih dan tampak indah. “Program Kotaku terbukti meningkatkan derajat masyarakat,” ujarnya kepada wartawan.

Semoga, masih kata dia, masyarakat dapat menikmati semua fasilitas yang ada memanfaatkannya demi kehidupan yang lebih baik, dan tentu harus menjaganya.

Kegiatan Kotaku meliputi baseline data kumuh, pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh melalui pola, percepatan pencegahan, dan peningkatan kualitas permukiman kumuh melalui kolaborasi kota.

“Tujuan program itu yaitu meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan,” pungkas Yadi . (tono efendi)

Editor : Indra R

BAGIKAN