Festival Bagendit 2018 akan tingkatkan jumlah wisatawan.

393

GARUT, (KF).-Situ Bagendit yang banyak menyimpan cerita ternyata banyak juga tersimpan makna, bagi orang yang terlibat langsung bersentuhan dengan Situ yang luasnya tidak kurang dari 125 Haktar ini, terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Menurut Camat Banyuresmi, Nurodhin, yang dijumpai di Kantornya, jum’at (23/3). Situ Bagendit sendiri merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, dan cukup mudah dijangkau .

Objek wisata yang ramai dengan cerita rakyat yang mengisahkan tenggelamnya seorang wanita kaya, bernama nyi endit ini selalu padat di datangi pengunjung dari berbagai kota hanya untuk menikmati keindahan situ atau danau yang dikenal dengan cerita legendanya. Dibalik cerita legendanya itu, objek wisata satu ini memiliki daya tarik yang cukup besar di mata para wisatawan. Mulai dari kualitas lingkungan yang asri, bentangan alam hingga beberapa bangunan yang terawat baik.”ujarnya.

Pada tahun 2000 Kawasan Situ Bagendit pernah juga menyelenggarakan acara Festival Bagendit tujuannya adalah untuk lebih menggairahkan Potensi wisata yang ada di kawasan itu dimana banyak sekali seniman yang mendapatkan kesempatan mempromosikan karyanya pada pengunjung yang datang baik dari Garut maupun dari luar Garut.

“Namun sampai sekarang kegiatan tersebut tidak pernah lagi dilakukan sampai sekarang, namun dengan upaya dari beberapa seniman Garut insha Allah Festival Bagendit akan dihidupkan kembali, dan saya sangat menyambut baik kegiatan seperti ini “, ungkap Camat.

Kegiatan Festival Bagendit Sendiri yang akan berlangsung dari tanggal 26 sampai 29 April 2018 yang bertajuk Garut Art Attack akan menampilkan pameran seni rupa terapung dan banyak ragam seni dari seni tari, seni drama, seni musik dan direncanakan akan ada pemecahan Original Rekord Indonesia (ORI).

Penulis : joenhendi

Editor. : Van’s