Forum Warga Cisompet, Mulai Pertanyakan Pertanggung Jawaban Pemdes Cisompet

22
Ket Foto : Andri selaku koordinator FORWARD

Koran-Fakta.Com, {KF}.- Persoalan tata administrasi Pemerintahan Desa Cisompet yang berwilayah di Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut dibawah pimpinan Kepala Desa Cisompet, Aman Sarifuloh mulai disoroti oleh warga desanya sendiri.

Setelah dilayangkannya surat petisi tertanggal 11 Agustus 2019 oleh warga Desa Cisompet yang mengatasnamakan dirinya sebagai Forum Warga untuk Rekonstruksi Desa atau FORWARD, sampai saat ini masih tetap menegaskan dirinya untuk menuntut Kepala Desa Cisompet, Aman Saefurohman untuk mundur dari jabatannya selaku kades.

“Setelah melihat realita yang terjadi, kami tetap bersikukuh untuk menuntut mundur Aman Saefurohman dari jabatannya selaku Kades.” Ungkap Andri selaku koordinator FORWARD, Selasa pagi (10 September 2019).

Pasalnya Andri dan pihaknya belum mendapatkan jawaban yang puas atas tuntutan yang ditulis dalam petisi tertanggal 11 Agustus yang lalu.

Bokbroknya Pemerintahan Desa Cisompet menurut isi petisi tersebut ditunjukan dengan tidak adanya laporan pertanggungjawaban baik itu dalam bentuk LKPD atau LPPD selama tiga tahun berturut-turut yang diserahkan oleh Pemdes kepada BPD lama. Daripada itu, maka tak heran saat Sertijab dari BPD lama kepada BPD baru, tidak disertai oleh penyerahan beberapa berkas laporan penting.

Tidak adanya laporan selama tiga tahun berturut-turut tersebut, ternyata dibenarkan oleh BPD lama saat di audensi oleh Forward pada tanggal 29 Agustus 2019 lalu.

Mengingat pentingnya sebuah laporan pertanggungjawaban, yang semestinya diserahkan oleh BPD lama kepada BPD baru sebagai dokumen daripada cermin penyelenggaraan pemerintahan desa, maka forum warga Cisompet mengindikasikan adanya tindakan kotor yang dilakukan secara sistemik dan kolektif-kolegial oleh oknum berbagai pihak termasuk pada dugaan adanya keterlibatan oknum Kepala Desa Cisompet.

Sampai saat ini Andri beserta pihaknya akan terus mengupayakan langkah-langkah secara prosedural untuk membongkar kebobrokan yang terjadi dalam Pemerintahan Desa Cisompet. (Tim KF).

Editor : Indra R
BAGIKAN