Fraksi Hanura Minta Hentikan Sementara Aktivitas PT. Kydo

102
Aktifitas Pt Kydo Saat pengerjaan pengerukan Tanah

KF – Fraksi Hanura Kabupaten Garut menginginkan agar Satpol PP Kabupaten Gaut menghentikan sementara aktivitas pembangunan PT. Kydo yang berada di Kecamatan Cibatu. “Kami dari Fraksi Hanura meminta pada Satpol PP agar menghentikan sementara aktivitas pembangunan PT. Kydo, karena perusahaan tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)”. kata Ketua Fraksi Hanura Riky Muhamad Sidik. Rabu (12/10/16) saat di hubungi melaui telepon selulernya.
Selain itu Riky mengatakan, PT Kydo sekarang ini baru mengatongi Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT). ” Aktifitas PT Kydo jelas harus dihentikan sementara sebelum perizinan diantaranya IMB dan izin Analisis Dampak Lingkungan (Andalalin) mereka belum kantongi. Selain itu juga, saya mendapat laporan bahwa telah terjadi retakan tanah disekitar wilayah pengerukan PT Kydo,” tambah Riky.
Secara terpisah Sekertaris Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT). Gania Karyana, untuk izin IPPT itu munculnya atas rekomendasi dari Dinas Tata Ruang Dan Permukiman (Distarkim), namun izin tersebut dikeluarkan untuk peruntukan penggunaan tanah, bukan untuk pengelolaan tanah atau sampai pengerukan tanah. “Selama ini PT. Kydo baru mengatongi izin IPPT saja, untuk izin andalalin dan IMB masih dalam proses.” singkatnya.
Sementara itu Kasatpol PP Kabupaten Garut, Mlenik Maumeriadi yang di dampingi Kabid Penegakan, Frederico, mengatakan bahwa perusahaan PT. Kydo sudah melakukan aktivitas dilapangan, tetapi izin IPPT tersebut tujuannya untuk izin peruntukan tanah bukan untuk mengelolaan atau pembangunan karena sampai saat ini izin Andalalin dan IMB perusahaan tersebut belum keluar. Dengan adanya informasi dilapangan seperti itu, pihaknya langsung bekoordinasi dengan BPMPT dan jika benar belum ada izin IMB, maka perusahaan tersebut dihimbau tidak melakukan aktivitas. “Dengan adanya himbauan dari BPMPT kami langsung mengirimkan surat teguran, bila mana tidak dihiraukan maka kami akan menutup sementara perusahaan PT. Kydo ini ” tegasnya. (Beni).

BAGIKAN