Gubernur Resmikan Jantung Desa Sukasenang Garut

52
Ket Foto : Gubernur Jabar, Beserta Wakil Bupati Garut saat meresmikan jembatan, yang ditandai dengan pengguntingan pita. (Foto oleh : Jey)

Koran-Fakta.com (KF).- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi istrinya, Atalia Praratya dan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, meresmikan jembatan gantung (Jantung) Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Minggu (25/01/2020). Ridwan Kamil, atau Kang Emil, mengungkapkan, jembatan sepanjang 50 meter itu, dibiayai oleh APBD provinsi senilai Rp. 200 juta.

” Tahun 2019 lalu program Jantung Desa ini ada 23 titik, tahun ini meningkat empat kali lipat, jadi 89, dengan nilai per unitnya sekitar Rp. 200 juta,” katanya.

Dari 89 titik jembatan gantung desa yang dibangun dengan dana APBD Provinsi dan CSR perusahaan itu, 8 diantaranya berada di wilayah Kabupaten Garut. Ridwan berpesan agar jembatan yang menghubungkan Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi dan Kelurahan Lengkongjaya, Kecamatan Karangpawitan itu, dapat dipergunakan dan dijaga dengan baik oleh warga di dua wilayah tersebut.

” Jembatan ini dicat xengan warna unik supaya warga bisa selfi. Yang terutama kegiatan ekonomi, pendidikan dan kegiatan warga lainnya bisa berjalan dengan baik, tanpa rasa waswas seperti saat menggu akan rakit,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukasenang, H. Iwan, .engu apkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini.” Kami atas nama warga Sukasenang dan Kelurahan Lengkongjaya, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah membantu pembangunan jembatan rawayan ini,” ucap Iwan.

Dengan jembatan yang membentang di atas Sungai Cimanuk itu, sambung Iwan, berguna sebagai sarana untuk meningkatkan silaturahmi dan komunikasi antar warganya dengan warga yang ada di sebrang kampungnya.

” Selain itu, jembatan ini bisa meningkatkan perekonomian dari sektor pertanian,” pungkasnya. (Jay).

Editor: Indra R

BAGIKAN