Guna Pemberdayaan Petani dan Peternak Kecil, BAZNAS Lakukan Launching Balai Ternak Di Desa Kramat Wangi.

63
Ket foto: Simbolis pemberian bantuan program Bali ternak yang di prakarsai BAZNAS Provinsi Jawabarat. (Foto oleh : Indra R)

GARUT, (KF).- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa barat melakukan Launching Balai Ternak, Di Kapung Cimayid, Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cirurupan Kabupaten Garut. Kamis (31/01/2019) Siang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Garut, dr.Helmi Budiman, Ketua Baznas Provinsi Jawa barat, Ketua Baznas Pusat, Ketua Baznas Kabupaten Garut yang diwakili, Forkopim kecamatan Cisurupan, Kepala Desa Cimayid, para petani/peternak juga para tamu undangan lainnya.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat K.H. Arif Ramdani, Lc, MA dalam sambutannya mengatakan, Balai ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ini adalah program pemberdayaan ekonomi Mustahik dalam sektor peternakan.

“Balai ternak ini memadukan konsep perbibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil,” Katanya.

Lanjutnya, konsep perbibitan dan penggemukan ternak yang dijalankan tersebut tentunya juga bertujuan untuk peningkatan populasi dan peningkatan secara ekonomi.

“Konsep pemberdayaan meliputi pendampingan yang melibatkan peternak kecil sebagai subjek. Bahkan juga model yang diterapkan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat (economic community development) dengan memberikan berupa ternak domba dengan syarat-syarat yang sudah diatur oleh BAZNAS itu sendiri,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman mengapresiasi program pemberdayaan ekonomi Mustahik dalam sektor peternakan yang di lakukan Badan Amil Zakat Nasional provinsi Jawabarat tersebut.

” Ini merupakan program yang sangat baik untuk masyarakat, dan diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik,” katanya

Lanjut diharapakan Helmi, dengan program pemberdayaan masyarakat melalui Baznas ini tentunya masyarakat khususnya yang saat ini memperoleh bantuan program Balai ternak ini dapat mengantarkan peternak-peternak yang berhasil yang kaya dan dapat mengembangkan dan mengantarkan peternakan-peternak yang lain yang belum berhasil.

“Semoga peternak yang saat ini memperoleh bantuan dapat maju lebih baik dan lebih maju,” harapnya. (Indra Ramdani)

Editor : Yusuf Akbar

BAGIKAN