H.Raden Marlan Berharap Anak-anak Muda Dikabupten Garut Bisa Lebih Melestarikan Budaya Sunda

249

H.Raden Marlan saat berkunjung ke Pasanggiri di Gedung KNPI Garut
H.Raden Marlan saat berkunjung ke Pasanggiri di Gedung KNPI Garut
KF.- Yang namanya seni itu kalau kata orang bijak bisa membuat hidup menjadi indah, salah satunya adalah pencak silat, bisa dilihat ada ibing atau tarinya. Dan menurut saya itu merupakan hal yang luar biasa, Ucap H.Raden Marlan yang merupakan pengurus sekaligus sesepuh PPSI Jabar. Saat berkunjung dalam kegiatan Pasanggiri di Gedung KNPI lantai dua Jalan Ahmad Yani, kabupaten Garut, Sabtu (22/10) Malam.

Lanjut Raden Marlan, setiap orang tidak bisa melakukan hal seperti itu karna ini merupakan sebuah kecerdasan, “karna kecerdasan menurut saya, itu tidak hanya kecerdasan IQ. Kecerdasan motorikpun itu salah satu penunjang dalam kegiatan beladiri ini,” Katanya.

Lanjut ia dalam kegiatan Pasanggiri yang digelar oleh Paguron Sinar Pusaka Putra tersebut, dirinya sangat mendorong sekali dan memberikan semangat,” saya hanya memberikan semangat dan sumbangsih agar bisa lebih semangat sehingga nanti Anak-anak yang tampil dalam Pasanggiri ini ke depan mau mengangkat dan melestarikan budaya Sunda seperti pencak silat ini,” Ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, eksistensi pencak silat saat ini kalau dilihat saat ini tengah berubah dulu dan sekarang, “kini jaman sudah globalisasi jaman sudah lebih maju karna ada budaya, tapi saya lihat tetap masih ada orang-orang yang mau dan mencintai menjungjung tinggi budaya seni dan salah satunya adalah Paguron Sinar Pusaka Putra yang dipimpin oleh sesepuh kita Bah Eme,”Paparnya.

Dirinyapun berharap mudah-mudahan dengan adanya Pasanggiri ini menjadi alat penarik khususnya di kabupaten Garut untuk anak-anak muda agar mau melestarikan budaya Sunda seperti pencak silat ini yang begitu sangat baik sekali, Harapnya.(Indra R)

BAGIKAN