H Totong ; Anggaran DAK Tahun 2018, SD 22 Miliar dan SMP 28 Miliar

130

GARUT, (KF).- Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Sosialisasikan Program Bantuan DAK Tahun Anggaran 2018 pada jenjang SD dan SMP dilaksanakan di Aula Musadaddiyah, jalan kawasan Mayor Syamsu, Selasa (15/05).

Acara dihadiri perwakilan kepala sekolah SD dan SMP SE Kabupaten Garut, dengan narasumber dari Polres Garut, Kejari Garut, Inspektorat dan Bappeda.

Kabid SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Garut, H. Totong menyampaikan bahwa ini acara rutin yang selalu digelar oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. Tujuannya guna mensosialisasikan program bantuan Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2018, baik pada jenjang SD dan SMP.

Lanjut H. Totong terkait teknis di mulai dari bagaimana persiapan, pelaksanaan, dan lainnya. Program DAK, setiap tahun anggaran digulirkan dan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Lebih jauh H. Totong menjelaskan bahwa, pihaknya (Disdik) telah menggarkan untuk rehab fisik sekitar 22 miliar untuk SD, dan sedangkan untuk SMP, sebesar 28 miliar.

“Untuk fisik itu sama, diperuntukkan untuk Rehab Kelas Baru (RKB), baik rehab berat, ringan, dan sedang, juga untuk pembangunan Jamban baru,” tandasnya

Bagaimana jika penggunaan anggaran DAK ini digunakan diluar kepentingan itu, H. Totong menandaskan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan, tapi jika ada kelebihan dalam pengalokasian perencanaan bisa digunakan untuk fasilitas lain, misalnya wc dan sebagainya.

“Karena rehab dan kerusakannya variatif, dan tingkat pengelolaannya, dan kerawanannya, diserahkan kepada panitia sekolaj ini sifatnya swakelola. Aturannya berkenanan dengan Juknis Perpes no.1, 2,3 tahun 2016, sedangkan untuk Petunjuk Operasional (PO ) dari Kemendikbud nomer 8 tahun 2018 karna tiap tahunnya selalu baru,”paparnya

Oleh. : J Gunawan

Editor : Van’s