Hama Serang Tanaman Padi

203

(KF).-Sedikitnya 70 hektare tanaman padi di Desa Cikembulan, Kec. Kadungora terserang hama wereng coklat. Untuk menghindari kerugian cukup besar para petani pun terpaksa memanen padinya lebih awal meskipun belum waktunya di panen.

Salah seorang petani Ahmad Winaya (65) mengaku, akibat serangan hama wereng coklat hasil panen padi musim ini menurun drastis. Dari 100 tumbak biasanya menghasilkan 8-9 kwintal, sekarang
hanya 2 kwintal, dan itu pun kwalitas padinya tidak sebagus yang biasa di panen. “Nya muhun atuh rugel pisan. Panen teh kapaksa da sieun ku hama, ari anu di panen oge hasilna awon pisan,” katanya.

Menurut Ahmad, tanaman padi yang terserang hama wereng coklat tersebut, tak hanya di Desa Cikembulan saja, tetapi juga di beberapa desa lainnya di Kecamatan berbeda. Ahmad menyebut, hama wereng coklat sulit diberantas, para petani sudah berusaha semaksimal mungkin menyemprot dengan memberikan pestisida dari Dinas Pertanian. Namun, hasilnya tetap saja hama wereng coklat tidak mati.
Adapun ciri-ciri tanaman padi yang terserang hama wereng coklat, yaitu tanaman jadi kering dan butirnya kosong. “Hama wereng coklat mah bandeul,” Ujarnya.

Sementara itu, Pjs Kades Desa Cikembulan Didin Tajudin di dampingi sekretaris Desa Didik mengatakan, sebagian petani di daerahnya mengalami kerugian akibat tanaman padi milik mereka terserang hama wereng coklat.”Kemungkinan besar serangan hama wereng coklat ini akibat dari cuaca yang tidak menentu. Dan kami pun sudah melaporkan ke Dinas pertanian terkait serangan hama wereng ini,” ucapnya.(J Wan)***

BAGIKAN