Hari Ini, Tiga Desa di Kecamatan Tarogong Kidul Melaksanakan Seleksi Test Tertulis

165

Koran-Fakta.com, (KF).- Panitia pelaksana pemilihan kepala desa tingkat Kecamatan Tarogong Kidul menggelar seleksi test tertulis (Kompetensi) bagi bakal calon yang jumlahnya lebih dari lima orang. Seleksi digelar Selasa pagi (15/10/2019) di aula rapat Kecamatan Tarogong Kidul.

Seleksi kompetensi tersebut didasarkan pada Peraturan Bupati Garut Nomor 117 tahun 2015, menjelaskan bilamana jumlah pendaftar dalam satu desa lebih dari 5 orang, maka akan dilaksanakan seleksi

Camat Tarogong Kidul, Doni Rukmana didampingi Kasitapem Idad Badrudin, SE mengatakan, ada sebanyak 23 bakal calon Kades yang mengikuti seleksi. Mereka berasal dari tiga desa, yakni Desa Mekargalih 7 orang, Desa Jayaraga 6 orang, Sedangkan Desa Haurpanggung 10 orang. Hasil dari seleksi tersebut sebanyak 15 orang nantinya yang lolos test.

“hasil seleksi akan dibuka dan diumumkan hari ini juga, Panitia akan mengambil lima Bakal calon Kades dengan nilai tertinggi untuk menjadi calon kades,” ujarnya saat ditemui disela test Kompetensi.

Lebih jauh Camat menjelaskan, jika dalam test ini bakal calon ada yang nilainya sama, dan masih mencapai enam bakal calon, ” panitia nantinya akan memberikan soal kedua dan itu sudah disiapkan di panitia Kabupaten Garut, sampai bakal calon lima orang,” ungkapnya

Ia mengakui, Untuk pengaman Alhamdulillah, kita sudah berkoordinasi dengan forkopicam, baik polri maupun TNI termasuk Satpol pp dan UPT Puskesmas dari kecamatan Tarogong Kidul

Lebih jauh Camat Doni menegaskan, Untuk rangking satu hingga lima, berhak mengikuti Pilkades, namun untuk penetapan bakal calon menjadi calon dan penetapan nomor urut calon tetap rencananya akan diumumkan besok, Rabu(16/10/2019), di kembalikan kepada panitia desa masing-masing, pungkasnya.

Sementara ditempat berbeda Kepala DPMD Kab. Garut Aji Sukarmaji saat melakukan monitoring di Tarogong Kidul menyampaikan, dari data yang diterima pihaknya ada sekitar 22 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Garut yang mengikuti seleksi Bakal calon Kepala Desa.

“ seleksi ini dilaksanakan serentak di Kabupaten Garut, ada 191 bakal calon dari 28 Desa mengikuti seleksi bakal Calon Kades yang lebih dari lima calon sesuai dengan aturan Perbup,” ucapnya

Lanjut dikatakan Aji, berkat upaya dari Camat, Danramil dan Kapolsek, serta menerjunkan tim monitoring dari para Kabid, Kasi kelapangan, sebelumnya pun sudah dilaksanakan suatu kesepakatan damai dengan seluruh para bakal calon Kades.

“Alhamdulillah, kegiataan seleksi serentak bakal calon yang lebih dari lima orang ini, berjalan dengan lancar, tertib dan aman,” pungkasnya (J Gunawan)

Editor : Indra R
BAGIKAN