Hari Otonomi Daerah ke-22, Kabupaten Garut mendapat Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Tiga

47

GARUT, (KF).- Pemerintah Kabupaten Garut kembali meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dengan Predikat Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Tiga dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara nasional berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2016. Penghargaan diterima langsung Penjabat Sementara Bupati Garut, Ir. Koesmayadie Tatang Padmadinata, pada acara Malam Apresiasi Kinerja Pemerintahan Daerah, bertepatan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah XXII, di Hotel The Sultan Jakarta, Rabu malam (25/04/2018).

Acara Otonomi Daerah Ke-22, Kabupaten Garut, dihadiri langsung Pjs Bupati Garut, Ir. Koesmayadie Tatang Padmandinata, dan Assisten Pemerintahan dan Kesra Didit Fajar Putradi

Dengan predikat itu, Kabupaten Garut menduduki peringkat ke-11 dari 397 daerah kabupaten secara nasional, dengan nilai 3,4915. Penilaian itu melibatkan 20 instansi termasuk lembaga independen dengan sekitar 700 item penilaian.
Progress prestasi Kabupaten Garut terlihat naik pesat.

Sebagai bahan pembanding, dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2010 secara Nasional, Kabupaten Garut saat itu berada pada posisi ke-29 dari 346 Kabupaten Se-Indonesia.

Sementara dari 26 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Garut berada pada posisi ke 5. Berdasarkan Kepmendagri Nomor 100-53 Tahun 2018, peringkat dan status kinerja sangat tinggi penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota dengan atribut bintang, yang dikelompokkan kedalam lima kategori tingkat pencapaian kinerja dengan atribut bintang (Bintang Satu sampai dengan Bintang Lima), guna menunjukkan adanya perbedaan kemampuan dan kualitas capaian kinerja antar pemerintah daerah saat ini dalam kelompok sangat tinggi dan target peningkatan kinerja maksimal yang akan dicapai di waktu yang akan datang.

Usai menerima penghargaan, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Garut, Ir. Koesmayadie Tatang Padmandinata, menyatakan, bintang tiga adalah modal penting untuk lompatan ke depan demi kemajuan Garut.

Modal penting untuk giant step (langkah besar) dan quantum leap (lompatan yang sangat tingi), dan ranking ke-11 dari 397 Kabupaten se Indonesia itu benar – benar modal penting untuk semakin baik dan maju”, ujarnya.

Penulis : Tim

Editor. : Van’s