Hari Pertama UN SMK Lancar

147

Ket Foto: Para siswa/siswi tengah melaksanakan UNBK

GARUT, (KF).- Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Kejuruan digelar serentak se-Indonesia mulai Senin (3/4). Mayoritas SMK di Garut melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dari 133 SMK Negeri/Swasta di Kabupaten Garut, sebanyak 91 SMK melaksanakan sistem UNBK, sementara sisanya melakukan UN secara tertulis.

Peserta terbanyak dalam satu sekolah yang mengikuti UNBK berada di SMKN 1 Garut, yaitu 812 siswa, pihak sekolah menyiapkan lebih dari empat ratus komputer dan tiga perangkat genset untuk melayani hampir seribu siswa yang mengikuti Ujian Nasional di tempat itu.

Kepala SMKN 1 Garut, H. Dadang Johar Arifin, mengatakan, selain siswa dari SMKN 1 Garut, ada pula sejumlah siswa dari sekolah lain yang melaksanakan UNBK di sekolahnya, yakni dari SMKN 14 Garut dan SMK Darul Ulum, sehingga jumlah keseluruhan yang melaksanakan ujian di sekolahnya mencapai  936 siswa.

Dengan fasilitas  425 unit komputer baru untuk UNBK, peserta ujian  terbagi dalam delapan ruangan laboratorium komputer yang telah disiapkan sekolah. Waktu ujian dibagi menjadi tiga sesi, pagi hari pada pukul 07.30, sesi kedua pukul 10.30 dan sesi ketiga pukul 13.00 WIB.

“Kita berharap ujian tahun ini berjalan lancar dengan hasil lebih baik, tidak ada kendala teknis seperti mati lampu dan lain sebagainya, sehingga anak-anak bisa mengerjakan soal dengan fokus,” ujar H. Dadang. 

Sebelum memasuki lab UNBK, sejumlah peserta ujian mengaku sudah siap. Setelah upaya dilakukan baik ketika belajar di Rumah maupun di Sekolah.”Benar-benar siap, karena kita sudah mempersiapkannya juga udah lama dan saya kira sekarang cukup punya bekal optimis bisa raih hasil lebih baik,” ujar Muhammad Fajar Rifai, salah seorang peserta ujian di SMKN 1 Garut.

Dari pantauan di Lapangan, baik sesi pertama, kedua maupun yang ketiga, proses pengerjaan berajalan lancar. Tiap peserta UN mengaku sudah mengerahkan daya dan upaya terbaiknya. (Jay).

BAGIKAN