Hebat euy, Event TOF hanya 3 hari Perputaran Uang Capai Rp.3 Milyar

63

TASIKMALAYA (KF)- Even pameran Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) yang digelar dari tanggal 14-17 Oktober 2017, Selasa malam tadi telah berakhir. Banyak kenangan dan efek positif khususnya bagi pelaku ekonomi. Tak terkecuali dari Tasikmalaya, namun bagi para pelaku ekonomi yang sengaja datang dari luar Kota Tasikmalaya.

Event yang berlangsung selama tiga hari itu ternyata mampu menyedot ribuan pengunjung. Antusiasme masyarakat dengan adanya TOF ternyata luar biasa. Ajang Rangkaian Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke16 itu, ternyata mampu mendongkrak perekonomian khususnya bagi para pedagang, pelaku ekonomi seperti UMKM. Dengan hanya waktu singkat, menurut data yang berhasil dihimpun koran-fakta.com sekitar Rp.3 M lebih perputaran uang terjadi di Event TOF.

“Sebetulnya perputaran uang di area lokasi TOF, jika seluruh pelaku ekonomi atau pedagang yang melaporkan data, bisa mencapai Rp.3 Milyar lebih, sementara data yang masuk melaporkan dari sengatan pedagang hanya Rp.2.073.843.000,-“, ungkap Aneu, Staff di Dinas Koperindag dan UKM Kota Tasikmalaya kepada koran-fakta.com, Rabu (18/10/2017).

Menurutnya, perputaran uang ini berdasarkan dari laporan yang sudah masuk dari sejumlah sekitar 56 pedagang. Dan sebanyak 24 pedagang lainnya ini belum memberikan laporan, mereka sudah pulang mengingat banyak yang berasal dari luar Kota Tasikmalaya.
“Dan semua pelaku usaha itu rata-rata penuh pengunjung dan ludes barangnya”, katanya.

Dari jumlah pedagang tadi, yang meraup omzet terbesar diantaranya, Zonitex komoditi bordir sebesar Rp 46 juta. Batik Deden Rp 35 juta, Insyira komoditi alas kaki Rp 33 juta dan BDC komoditi kelom geulis Rp 2 juta. Bahkan ada juga pedagang fashion yang bisa meraih omzet Rp 39 juta dan para pedagang produk unggulan bisa meraup Rp 19 juta.

Sebetulnya perputaran uang itu bisa bertambah lebih besar lagi, kalau di jumlahkan dengan total omzet pedagang yang berada di kawasan Yudanegara dan areal kuliner di gedung bekas bupati, pungkasnya.

Jurnalis : Tono Efendi

BAGIKAN