“Himadikmatika” Institut Pendidikan Indonesia Garut, Menggelar Olimpiade Matematika se-Jawa Barat

230

GARUT, (KF).- Himadikmatika, Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, menggelar Olimpiade Matematika se-Jawa Barat, yang dilaksanakan di Kampus IPI Garut Jln. Terusan Pahlawan No.83, Sukagalih, Tar\ogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Minggu (10/03/2019) Siang.

Kegiatan Olimatika tersebut bertajuk Delta Beta Tahun 2019 dengan tema ‘ AKSI, (Aktif, Kompetitif, Sportif, Intelektual ) Generasi Matematika, berusaha untuk meningkatkan kemampuan matematika peserta didik melalui serangkaian kompetisi yang diselenggarakan.

Pembukaan Olimatika dibuka dengan ditandai pemukulan Gong oleh Wakil Rektor IPI bidang kemahasiswaan H.Edang serta di hadiri Bupati Garut yang diwakili Staf ahli SDM H Mahmud, Kepala KCD Pendidikan Prov. Jabar wilayah XI, DR. Hj. Lilis Rosita, Kabid SMP Kab.Garut Cecep, Dosen, BEM serta tamu undangan lainnya.

Ketua Himadikmatika Yendi Yudiswan didampingi Ketua pelaksana Cecep Elan Maulana menyampaikan pada Koran-Fakta.com, kegiatan Olimatika ini merupakan kegiatan perlombaan matematika yang pesertanya meliputi siswa SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat, serta Pendidik

“Olimatika adalah merupakan Kompetisi olimpiade matematika individu tingkat, SMP dan SMA sederajat Se-Jawa Barat, Lomba Cepat Tepat (LCT) Matematika SD Se-Kabupaten Garut dan Bimtek Matematika untuk pendidik dan calon Pendidik.” Ucapnya saat ditemui di sekretariat Himadikmatika IPI Garut, Minggu (10/03).

Lanjut disampaikan, Tujuan diadakannya Delta Beta ini sebagai ajang silaturahmi supaya perwakilan dari setiap daerah itu bisa saling kenal dan ingin meminimalisir anggapan bahwa Matematika itu pelajaran yang menakutkan.

“Maka dari anggapan itulah, kita membuat sebuah event untuk membuat semangat lagi para pelajar dalam materi Matematika,” Ungkapnya

Yedi pun berharap kedepannya acara Delta Beta ini ingin ada beberapa perubahan, selain itu kami berharap sekolah-sekolah yang dipelosok pelosok jauh dari jangkauan kami bisa ikut berpartisipasi buat kegiatan Olimpiade kedepan, papar Yendi.

Lebih jauh lagi disampaikan, Olimatika tersebut melibatkan sekitar 327 peserta tingkat, SD se-Kabupaten Garut dan SMP, SMA se-Jawa Barat. Selain itu juga jumlah peserta, terbagi dalam berbeberapa kategori.

“Peserta SD sebanyak 60 peserta, sedangkan untuk peserta SMP sebanyak 95 peserta dan SMA sebanyak 126 peserta, Bimtek 46 peserta pendidikan dan calon pendidik, untuk peserta ada dari Garut, Rancaekek, Bandung dan Ciamis,” imbuhnya

Matematika tingkat SD, SMP dan SMA se-Jawa Barat ini, adalah event tahunan. Tahun ini adalah tahun yang ke-2. Sebelumnya hanya diadakan tingkat Kabupaten Garut dan Priangan saja.

” Tahun kedua ini diadakan se Jawa Barat, sementara untuk tahun ini ada sedikit berkurang mengingat dari tahun kemarin, karena berbarengan dengan akan adanya OSN,” Pungkasnya (J.Gunawan)

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN