Ide Cemerlang, Pemajuan Kebudayaan dengan Pergelaran Wayang Golek

34

Jurnalis : Tono Efendi

Tasikmalaya, (KF)- Dalam rangka Sosialisasi UU No.5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, paguyuban Rawayan Ceta bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar acara Wayang Golek semalam suntuk oleh Dalang Opick Sunandar Sunarya.

Kebudayaan tradisional di Indonesia harus dilindungi dari kepunahan . Jangan sampai kebudayaan kita ditiru dan diambil oleh pihak luar. Bagaimana pemerintah melindungi kebudayaan dan kesenian kita ini agar tetap terlindungi. “Oleh karena itu, kesenian dan kebudayaan kita harus dimanfaatkan dan diberdayakan, Ini penting sekali untuk kita rawat didaerah kita, itulah tujuan dari Pergelaran Wayang Golek ini”, ungkap M. Faridz Ketua Panitia Pelaksana, Sabtu (2/11/2017) malam, di lapang Tundagan Kel. Linggajaya Kec.Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Kesenian wayang golek ini, dihadiri langsung Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs.H.M.Yusuf, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tasikmalaya Drs.H.Undang Hendiana, Perwakilan Dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Koko Sundari, Tokoh Masyarakat dan Ulama serta Ratusan warga Tundagan dan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Sementara Wakil Walikota Tasikmalaya Drs.H.M.Yusuf dalam sambutannya mewakili Walikota Tasikmalaya, sangat mengapresiasi pergelaran wayang golek semalam suntuk ini, dalam rangka Sosialisasi undang undang No.5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Acara ini bisa dijadikan penguatan dalam rangka menggali, mengembangkan, dan mempertahankan seni budaya tradisional yang kelak akan tercipta rasa terbentuknya ketenangan bathin, kesejukan jiwa, kedamaian dibumi Kota Tasikmalaya.

“Oleh karena itu, atas nama Pemerintah, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat, kita sebagai orang Sunda mempunyai rasa tanggung jawab untuk Pemajuan Kebudayaan yang dapat mendorong kepada kemandirian ekonomi untuk kesejahteraan sosial”, Kata HM.Yusuf.

Kami mengajak kepada seniman budayawan Kota Tasikmalaya untuk bersatu padu bergandeng tangan membangun Kota Tasikmalaya melalui penguatan seni dan budaya, pungkasnya.

Editor : Van’s

BAGIKAN