Ikan Kancra (Ikan Dewa) Menjadi Program Kementrian Perikanan Untuk Dibudidayakan.

127
Saat akan melakukan penebaran ikan kncra di wilayah sungai cimanuk (foto istimewa)

GARUT, (KF).- Yuke Sampurna, Bassist grup band Dewa19, Yang kini menjadi Duta Ikan Kancra, (Ikan Dewa) bersama Balai Perikanan Provinsi Jawa Barat. Lakukan penebaran ikan kancra disungai Cimanuk, Desa Bayongbong, kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Sabtu (21/7/2018) Siang.

Penebaran ikan di sungai Cimanuk tersebut tentunya memiliki alasan tertentu, selain untuk mengembalikan habibat ikan asli sungai Cimanuk hal itu dilakukan mengembalikan kejernihan aliran sungai air Cimanuk.

Selain disaksikan Balai besar perikanan Hadir dalam kesempatan tersebut muspika kecamatan Bayongbong, serta Diskanla kabupaten Garut.

Foto bersama usai melakukan penebaran benih ikan Kancra di sungai Cimanuk (foto istimewa)

Penebaran bibit ikan kancra di sungai Cimanuk akan sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat terutama dalam segi perekonomian.

“Dengan ditanamnya ikan ikan tersebut akan menjadi makna dari kebiasaan salah satunya air cimanuk akan jernih karena dampak kesadaran masyarakat dengan tidak mengotori pencemaran sungai juga masyarakat pun akan semakin sadar akan buang sampah sembarangan mengingat ada ikan yang memerlukan air yang bersih,” Ujar Yuke yang kini menjadi Duta Ikan Kancra, saat ditemui di lokasi penebaran ikan.

Lanjut Yuke, seumpamanya ikan kancra ini dibudidayakan oleh masyarakat sudah tentu akan menguntungkan karena nilai jualnya terbilang tinggi.

“Kita berharap dengan adanya ikan kancra dapat menunjang pada perekonomian masyarakat khususnya diwilayah kabupaten Garut.” Harapnya.

Kepala bidang balai penelitian dan pengembangan budidaya air tawar dinas kelautan dan perikanan provinsi Jawa Barat Drs.Jojo Subagja M.,Si menjelaskan asal ikan Kancra adalah yang tadinya dari liar kini menjadi ikan budidaya dan menjadi program kementrian kelautan dan perikanan.

“Sekitar 12 tahun ikan kancra sudah di Budidayakan bahkan di Jawa Barat sudah ada 12 tempat, Kabupaten lain yang secara sistematis sudah produksi,” Ungkapnya.

Oleh : Indra R

Editor : Van’s

BAGIKAN