Indra Kurniawan : 60% Pengusaha di Garut Masih Membayar Upah Dibawah UMK

126
Ket foto: Ketua Aliansi Buruh Kabupaten Garut. Indra Kurniawan

GARUT, (KF).- Pada peringatan Hari Buruh Sedunia (May day).yang dilakukan ratusan buruh yang tergabung dalam serikat buruh dikabupaten Garut. Mendeklarasikan Anti Hoax dilapangan Setda kabupaten Garut, Selasa (1 Mei 2018) Pagi.

Usai melakukan deklarasi, ratusan buruh tersebut langsung melakukan longmarch menuju GOR Ciateul dengan berjalan kaki.

Ketua Aliansi Buruh Kabupaten Garut. Indra Kurniawan yang juga kordinator kegiatan tersebut saat ditemui wartawan mengatakan, ada beberapa hal yang fundamental pada peringatan may day tahun ini.

Kita akan merevitalisasi buruh di Kabupaten Garut karena tidak mungkin sebuah perjuangan kita(buruh-red) tidak direvitalisasi, karena saat ini buruh Garut masih terkotak-kotak. Segmentasinya terpecah tidak karuan, sehingga keberadaan dari aliansi buruh kedepan menjadi wadah yang dikelola secara profesional, intelektual dan menciptakan hubungan industrial yang positif, memenuhi hak normatif buruh karena harus diketahui juga bahwa 60% pengusaha dikabupaten garut masih membayar upah dibawah UMK.” Katanya.

Poto peringatan hari buruh sedunia( Mayday)

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketenaga Kerja dan Transmigrasi, Raden Tedi mengungkapkan. Saat ini Disnaker Kabupaten Garut ranahnya bersifat pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan dan karyawan.

Aspek pengawasan sekarang ini sudah ada di provinsi,” cetusnya

Diakuinya, dikabupaten Garut sendiri sebetulnya untuk karyawan tetap itu sudah hampir 100% di UMK kan. “Yang dibayar tidak UMK itu kerjanya musiman, contoh pekerja toko, terus ada juga perusahaan yang kerjanya memaklun itu sistemnya borongan, tapi kalau karyawan tetap tentu sudah dibayar UMK,” terangnya.

Lanjut dikatakan, yang masuk data di Disnaker Kabupaten Garut, karyawan yang sudah UMK tercatat kurang lebih 15 Ribuan, ” Contoh seperti karyawan di pabrik Changsin, itu hampir 7000 karyawan yang sudah UMK, kemudian Danbi. Namum kalau perusahaan yang lain-lain seperti mikro saya kira mereka juga saling membutuhkan,” ujar Tedi

Saat ini UMK sekarang ini sudah diatas rata-rata UKL, ” UKL Garut ini cuman 1,5 juta, dan UMK Garut sekarang sudah mencapai 1,672.947,” jelasnya.

Penulis : Indra R

Editor : Van’s