Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Rencananya Bakal Kembali Aktif.

161
Foto istimewa : PT KAI saat melakukan peninjauan lokasi. Diwilayah Garut kota.

GARUT,(KF).- Dalam dekat ini PT . Kereta Api Indonesia (Persero) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana mereaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat. Salah satunya jalur Cibatu – Garut Kabupaten Garut. 

Kepala Daop 2 Jawa Barat, Saridal mengatakan dari data yang sudah ada sekitar 1500 rumah yang terkena dampak, terutama yang berada di jalur ROW atau jalur utama, ucapnya saat meninjau Stasiun Garut jalan Veteran Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Rabu (19/9) siang.

Lebih jauh mengatakan, Jalur ini ada tiga Stasiun diantaranya Stasiun Cibatu, Stasiun Garut, dibantu Stasiun Wanaraja dan 9 Halte, ditahap pertama yang akan di dahulukan saat ini Stasiun Garut dan Cibatu, sementara untuk wilayah Cikajang tahap berikutnya.

” target nya lebih cepat Desember 2018 ini, itu sudah dimulai penertiban dan pada tahun 2019 sudah bisa oprasi, Karena masyarakat Garut dan lain nya telah mengharapkan adanya kereta dari Garut sampai Jakarta,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk ganti ruginya kita akan memberikan uang penertiban itu sebesar Rp. 250 ribu permeter persegi untuk bangunan permanen, dan untuk pasar tidak ada penggantian tinggal dibongkar saja.

“Anggaran tahap pertama ini sekitar Rp. 400 Milliar harapan saya pada tahun ini sudah selesai mudah mudahan sudah segera turun anggarannya, Jadi sekarang kita mengajukan dulu ke pemerintah,”katanya

Daop mengakui, pihaknya telah mengirimkan Surat pemberitahuan jauh jauh hari, ” Kami telah memberikan surat pemberitahuan untuk Pemda Garut semenjak satu bulan lalu, dan semuanya sudah kami kirim, dengan rencana akan adanya penertiban, terutama di jalur non oprasi untuk seluruhnya di Jawa Barat, ” paparnya.

Ia menambahkan, jalur kereta yang nantinya rencananya akan di aktifkan kembali, selain diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Garut, juga merupakan pengembangan potensi pariwisata yang ada di Jawa Barat.

“Bila jalur kereta api Cibatu – Garut aktif kembali, selain meningkatkan perekonomian Masyarakat Garut, juga potensi wisata juga akan lebih berkembang khusunya yang ada di Kabupaten Garut ” pungkasnya.

Laporan : J.Gunawan

Editor : Indra R

BAGIKAN