Jelang Musim Penghujan UPT PUPR Garut Kota Lakukan Normalisasi Sungai.

52
Ket foto: Kepala UPT PUPT Kecamatan Garut Kota Saat memantau pelaksanaan Normalisasi ( foto oleh: J.Gunawan)

GARUT, (KF).- Menghadapi musim penghujan Pemerintah Kabupaten Garut, telah menyiapkan sejumlah antisipasi banjir, dengan adanya surat instruksi Bupati Garut nomor : 660.1/3332 /DLH, Tentang “Antisipasi Bencana Menjelang Musim Penghujan di Kabupaten Garut”.

Salah satu antisipasi tersebut, seperti yang dilakukan Kecamatan Garutkota bekerjasama dengan UPT PUPR Kecamatan Garut kota dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut. Dengan membersihkan dan melakukan normalisasi gorong-gorong diwilayah perkotaan yaitu pusat perbelanjaan IBC Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Rabu (24/10/2018) pagi.

Kepala UPT PUPR Garut Kota, Edi Guntoro mengatakan, Ini adalah dalam antisipasi banjir diperkotaan dalam musim penghujan sesuai dengan Surat Intruksi pak Bupati Garut, H Rudy Gunawan, ucapnya pada para awak media

Lanjut ia, pihaknya kini tengah melakukan normalisasi hampir semua gorong gorong dan sungai yang ada di wilayah kerja UPT PUPR Garut kota.

“Panjang gorong-gorong yang dibersihkan sekitar 30 meter. Dan Sampah yang berhasil diangkat pun cukup banyak yakni sekitar 1 truk, yang nantinya akan ditarik oleh Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya disela kegiatan normalisasi gorong gorong

Ia mengakui, berbagai macam sampah yang berhasil kita angkat diantaranya mulai sampah keluarga, hingga sampah produksi.

“Yang saya tidak mengerti bahkan ada yang buang balok kayu segala dan atap terpal,” katanya.

Ia menambahkan, Selain gorong-gorong di kawasan IBC, pihak PUPR juga membersihkan Sungai diwilayah kelurahan kota kulon yakni sungai Cibelik.

Sementara itu Lurah Pakuwon, Tendi S
Menyampaikan, Kegiatan ini sesuai surat Intruksi Bupati Garut Bahwa kita harus mensosialisasikan terhadap seluruh masyarakat , mewaspadai musim penghujan sehingga seluruh gorong gorong yang ada di Garut kota Khusus nya di Kelurahan Pakuwon untuk melaksanakan pembersihan.

Ia menghimbau, agar masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai atau gorong gorong.

” Salah satunya ketidak kedisiplinan masyarakat akan membuang sampah dan ini perlu disadarkan karena dampak semua itu akan kita semua terkena banjir, ” pungkasnya.

Laporan : J.Gunawan

Editor : Indra R

BAGIKAN