Kades Tarogong; Dana Desa Tahap Dua Direalisasikan Pada Infrastruktur

163
Deni Nugraha, Kepala Desa Tarogong Kec. Tarogong Kidul

GARUT, (KF).- Pemerintah Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut realisaikan Dana Desa (DD) tahap kedua pada kegiatan Infrastruktur.

” Sebelum nya untuk Dana Desa tahap satu sebesar 20 persen kami Pemerintahan Desa Tarogong merealisasikan nya untuk berbagai kegiatan pemberdayaan,” hal tersebut dikatakan Kepala Desa Tarogong, Deni Nugraha pada Koran-Fakta.com saat ditemui diruang kerjanya, Rabu(19/06).

Lebih jauh Deni mengatakan, dari anggaran dana desa tahap kedua yang 40 persen, Alhamdulillah bisa dilaksanakan kegiatan infrastruktur. “Salah satunya dimana berkaitan dengan kebutuhan masyarakat terutama yang berkaitan dengan komitmen kami pemerintah desa, tentang bebas buang air besar sembarangan atau ODF. Selain pembuatan Septic tank, ada juga pembangunan Drainase, Kirmir dan Jalan lingkungan (Jaling) berupa pemasangan paving block,”ujarnya.

Sementara itu Ia pun menyampaikan, untuk mengetahui Anggaran yang dipetrapkan, pihaknya sudah menempelkan / memasangkan pengumuman sesuai dengan ketentuan regulasi bahwa pemerintah desa itu harus transfaran terhadap masyarakat,

” kami sudah memasangkan satu baligo APBDes Tahun 2019 di depan Kantor, dan untuk kegiatan-kegiatan di masing-masing wilayah itu memang sesuai dengan SPP yang kami buatkan dari Pemerintah Desa,” ungkapnya.

Lebih jauh ia pun menjelaskan, untuk Dana Desa tahap dua ini diantaranya adalah Pertama Peningkatan jalan rabat beton dengan Paving Block kurang lebih Rp.112.000.000,- terdiri dari beberapa RW diantaranya RW.01, RW 02, RW.03 dan RW.06. Kedua Sepal di RW.03 kurang lebih biaya anggarannya Rp.41.000.000,-.
Ketiga Perbaikan selokan di RW.05 ada sekitar berapa ratus meter dengan anggaran Rp. 70.000.000,-. dan Keempat MCK di RW.04 dan RW.07 anggaran Rp.19.000.000,- dan Septic Tank Kumunal sebesar Rp.73.000.000,- , terakhir Drainase di RW.10 Sebesar Rp.53.000.000,-.

” Semua disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan yang ada dilingkungan RW masing masing, terkecuali di RW 08 yaitu perbaikan jalan anggarananya berasal dari IP karena mengingat anggarannya yang cukup besar,”Jelasnya

Deni pun berharap dukungan dari semua, baik aparatur desa dan masyarakat dalam merealisasikan kegiatan tersebut, ” selaku aparatur desa kami akan lebih meningkatkan serta berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan pelayanan dan amanah yang telah diberikan baik oleh pemerintah pusat, daerah dan khususnya warga masyarakat Desa Tarogong ,” pungkas Deni Nugraha mengakhiri perbincangannya. (J Gunawan)

Editor : Yusuf Akbar