Kadispora : Kontingen Kabupaten Garut, Siap Berlaga Di PORPEMDA Jabar

65

Wartawan : j Gunawan

GARUT, (KF) – Untuk pemantapan dan persiapan menuju Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) Ke XIII tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017. Pemkab Garut akan mengirimkan kontingen sebanyak 120 atlet dan official dari 9 cabang olahraga yang dipertandingkan, Garut siap berlaga dalam ajang Porpemda Jabar tahun 2017. Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah, 27-30 November 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kab. Garut Drs Kuswendi M.Si mengatakan pihaknya (Pemda- red) telah melakukan berbagai persiapan untuk ajang Porpemda yang akan digelar di Soreang Kab Bandung mendatang,

“Pertama kami telah menyiapkan begitu lama, terutama di Bola Basket yang telah pemantapan latihan selama 10 bulan, dan untuk cabor yang lain kami telah melakukan seleksi diantaranya cabor Futsal, Catur dan Tenis Meja,”ujarnya.

Poto : istimewa ( net)

Ia pun menegaskan, Mudah-mudahan dengan persiapan lebih lama kemudian diseleksi dan objektif dan hasilnya banyak atlet baru dari daerah, sehingga akan mendongkrak pada prestasi. Berbeda dengan tahun kemarin yang hanya asal tunjuk saja,

“data kontingen pun sudah kami serahkan kepada Panpel Porpemda Jabar 2017 jauh – jauh hari, kami Pemkab Garut diajang bergengsi olahraga PNS ini menargetkan sebanyak tiga medali emas,”tandasnya.

Kontingen akan berangkat dari Garut tanggal 26 November, sebanyak 120 yang terdiri dari 83 Atlet dan 37 pendamping official dan manager. Dan ada salah satu persoalan, saat tuan rumahnya di Soreang, Kabupaten Bandung yang menjadi kendala kontingen Kab. Garut adalah kehabisannya penginapan, ucapnya

menurutnya, kesuksesan sebuah pertandingan terdiri dari beberapa elemen diantaranya penginapan atau hotel yang dekat tempat pertandingan, itu salah satu penentu untuk kemenangan, kalau jauh sampai memakan waktu lama dalam perjalanan bisa mempengaruhi kualitas atlet, karena kecapaian sebelum bertanding,” tuturnya.

Selain itu, ada sedikit kendala terkait efesiensi anggaran Porpemda. Ia menjelaskan, sebetulnya ada peningkatan dari tahun lalu dari Rp. 160 juta, tahun sekarang mencapai Rp. 350 juta karena ada efesiensi menjadi Rp. 250 juta. “Sebetulnya ini pun sangat minim di bandingkan dengan daerah Kota / Kab lain yang telah mencapai di atas Rp. 600 juta, Tapi ada yang lebih utama dalam ber olahraga yaitu dengan berjiwa ksatria dan menjunjung tinggi sportivitas antar PNS,”pungkasnya.

Editor : Jay AS

BAGIKAN