Kadispora : Pembangunan Sarana dan Prasarana Olahraga di Desa Menjadi Target Kedepan

93
Ket Foto: Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Garut, Drs. Kuswendi saat dijumpai Koran-fakta.com

GARUT, (KF).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut saat ini tengah melakukan pembangunan dibeberapa titik
untuk beberapa fasilitas bidang olahraga. Mulai dari pembangunan GOR bela diri, pembenahan lapang Jayaraga dan Ibrahim Adji Cikajang hingga rencana pembangunan Sport Center yang ditargetkan beres tahun 2020 nanti. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga(DISPORA) Kabupaten Garut. Drs. Kuswendi pada wartawan, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu(4/10/2017).

Lanjut Kuswendi, hal tersebut tentunya untuk memasyarakatkan olahraga memang dibutuhkan fasilitas yang mudah dan murah. Selain targetkan pembangunan sarana olahraga skala besar di Kabupaten, kedepan sarana dan prasarana olahraga diupayakan bisa tersedia minimal di tiap desa.

“Dari empat ratusan desa memang sudah ada tersedia 150 lapang voli dan 30 han lebih lapang sepakbola. Dan ini memang idealnya per desa ada satu baik voli dan sepakbola dulu, karena olahraga ini biasanya sangat digemari masyarakat umum, terlebih olahraga ini kan mudah, murah dan meriah. Kita targetkan kedepan per desa bisa tersedia satu lapang bola dan voli, itu rencana jangka panjang yang mulai digarap dari sekarang,” Ucapnya.

Menurutnya, tingginya aktifitas olahraga di suatu daerah bisa meningkatkan kebugaran yang berdampak pada tingginya harapan hidup masyarakat. Saat ini harapan hidup masyarakat Garut berkisar di 70 tahun, mengalami peningkatan dari angka 67 tahun pada beberapa tahun lalu.

“Pengembangan olahraga masal di desa harus didorong, karena itu bisa menunjang dalam rangka memasyarakatkan olahraga. Dengan itu, tentu akan berimplikasi pada meningkatnya harapan hidup masyarakat dengan hidup sehat melalui olahraga. Makanya pembangunan sarana dan prasarana olahraga di desa menjadi target kedepan, pasalnya konsep ini memang baru kita jalankan sedangkan di daerah lain ini belum ada. Semoga Garut menjadi barometer olahraga masyarakat olahraga kedepan,”Pungkasnya. (Indra R)***

BAGIKAN