Kang Uu Akan Dorong Perguruan Tinggi Buka Kampus di Daerah

30

Bandung, (KF) –Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ulum mengaku siap melakukan pemerataan pendidikan di Jawa Barat. Di antaranya mendorong perguruan tinggi membuka cabang di daerah.

Kita dorong perguruan tinggi khususnya negeri membuka cabang di daerah sehingga anak anak di daerah tidak perlu repot pergi ke kota besar untuk mengenyam bangku kuliah,” ujarnya usai acara Uji Publik calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar yang digelar Fisip Unpad, Kamis (3/5/2018).

Agar universitas besar seperti Unpad dan ITB mau membuka cabang, pihaknya akan membantu dengan cara menyediakan lahan.

Selain itu, Kang Uu juga berjanji akan mengalokasikan dana beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu namun punya prestasi.

Dengan adanya perguruan tinggi di daerah maka biaya pendidikan menjadi lebih ringan,” katanya.

Menurutnya, pendidikan bisa menjadi kunci menyelesaikan permasalahan sosial di Jabar. Pendidikan juga dapat mengubah nasib seorang individu bahkan sebuah bangsa.

Karena itu, pemerintah harus memberikan peluang yang sama kepada seluruh anak bangsa mengenyam pendidikan. Jangan sampai hanya orang kaya atau yang dekat dengan kekuasaan yang bisa menikmatinya.

Pendidikan sangat penting, bisa merubah paradigma cita-cita bahkan ekonomi seseorang,” jelasnya.

Lebih lanjut dia berharap pemerataan pendidikan akan mengoptimalkan potensi yang dimiliki daerah. Banyak anak-anak desa pintar dan cerdas namun terhambat akibat akses minim ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain pendidikan formal yang bersifat duniawi, Kang Uu juga mendorong pendidikan ukhrowi. Hal ini sangat penting agar generasi pintar punya dasar akhlak kuat.

Selain pintar, akan kita bekali generasi penerus dengan keimanan dan ketakwaan,” ujarnya.

Uji publik ini sejatinya mengundang 4 paslon gubernur dan wakil gubernur Jabar. Namun hanya paslon nomor urut 1 yang diwakili oleh Kang Uu. 

Penulis : Tono Efendi

Editor. : J Wan