Kartu NPWZ Hanya Baznas Yang Mengeluarkan

94
Ket foto: Ketua Baznas Kabupaten Garut, H. Raden Aas Kosasih, saat memperlihatkan kartu NPWZ

Wartawan : Indra R

GARUT, (KF).- Berbagai upaya terus dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, untuk meningkatkan pelayanan serta peningkatan jumlah zakat yang diterima. Salah satunya dengan membentuk Unit Pengelola Zakat (UPZ) di setiap Kecamatan.

Namun setiap titipan Zakat ASN/PNS yang disalurkan tidak semuanya melalui Baznas, menanggapi hal tersebut Ketua Baznas Kabupaten Garut, H. Raden Aas Kosasih, mengatakan ketika ada ASN/PNS yang tidak membayar zakat melalui baznas, itu boleh-boleh saja kalau menurut undang-undang. “Cuman kita melihat instruksi presiden no 3 tahun 2014, tentang optimalisasi pengumpulan-pengumpulan Zakat profesi dilembaga negara/pemerintah dan sebagainya.” Katanya saat ditemui wartawan dikantornya, Senin(16/10) Siang.

lanjut ia, Meskipun lembaga resmi ada dua lembaga baznas ini mengeluarkan NPWZ, yang mana NPWZ tersebut nomor pokok wajib Zakat, yang dikeluarkan khusus oleh lembaga baznas. “Bedanya antara Baznas dengan Laz, kalau Laz itu tidak bisa, setiap PNS yang bayar zakat, atau daftar ke baznas dengan jelas maka akan diberikan kartu NPWZ,” Ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, Kartu tersebut sesuai dengan undang-undang dan PP no 14 disamping juga dengan peraturan kementerian keuangan dan tentunya akan bisa mengurangi sebagai komponen pajak setelah ada bukti setor zakat (BSZ), bahkan diakui nya pihaknya juga telah bekerja sama dengan bunda Umar atau kedai mang ucup,

“oleh karena itu khususnya dikabupaten Garut, siapa saja yang punya NPWZ, dan datang ke Bunda Umar, atau ke mang Ucup mereka itu yang memiliki kartu tersebut, dan memperlihatkan kartu NPWZ tersebut, akan memperoleh diskon, antara 5-10 persen, dan hal itu tentunya salah satu kreasi baznas dan ucapan terimakasih baznas juga kepada ASN atau Mujaki yang punya NPWZ,” Paparnya.

Dikatakannya untuk memperoleh kartu NPWZ tersebut, sesuai dengan aturan. ” Mereka bayar dulu kesini (Baznas red) kemudian kami memberikan persyaratan seperti KTP, termasuk nomor hp. dan nanti setelah diproses membayar zakat dengan bukti setor zakat, maka operator kami akan mengucapkan, ( terimakasih zakat anda sudah diterima oleh kami), jadi artinya nanti ada pemberitahuan juga.” Ungkapanya.

Editor : J wan

BAGIKAN