KCD Pendidikan Provinsi Jabar, Buka Multi Lomba Se-Kabupaten Garut Di Uniga

283
Ket Foto : Saat kegiatan berlangsung. (Foto istimewa)

GARUT, (KF).- Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XI, DR. Hj. Lilis Rosita, M.Si. membuka kegiatan Multi Lomba Seni, Olahraga, GTK Berprestasi tingkat SMA, SMK & SLB se-Kabupaten Garut, di kampus di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Garut (Uniga) Jl. Samarang No. 52A Tarogong, Garut, Selasa (11/12/2018).

Hadir dalam kegiatan itu sejumlah kepala sekolah serta siswa-siswi dari berbagai SMA/SMK & SLB se-Kabupaten Garut.

Dalam sambutanya Dr. Lilis mengungkapkan, di samping sebagai ajang pencarian bakat dan bibit calon atlet, multi lomba ini sebagai sarana pembentukan siswa berkarakter, sportif, disiplin dan jujur.

“Pembentukan karakter bagi generasi muda menjadi sangat penting di tengah iklim dunia yang semakin terbuka, persaingan tidak bisa terelakan lagi, di samping bidang keilmuan yang terus diperkuat, bidang olahraga menjadi alternatif membangun bangsa agar lebih bermartabat, adil dan makmur”, ungkapnya.

Lilis berharap para siswa yang berprestasi nanti bisa menjadi duta dan kebanggaan sekolahnya bahkan kebanggan Kabupaten Garut untuk mewakili di berbagai event di tingkat yang lebih tinggi, baik provinsi maupun nasional.

“Untuk penyelenggaraan multi lomba kami sengaja menyelenggarakan di bulan Desember, agar pembinaan memiliki waktu panjang. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Universitas Garut khususnya kepada Pak Rektor Uniga yang telah mengizinkan kampusnya digunakan pembukaan kegiatan multi lomba. Saya merupakan alumni SMA Ciledug yang dibangun oleh pendiri Uniga, Prof. KH. Anwar Musadad. Atas bimbingan beliau alhamdullilah saya bisa beridri di sini dan semoga kegiatan multi Lomba ini memberi manfaat bagi perkembangan seni dan olahraga di Kabupaten Garut”, katanya.

Sedangkan Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dalam sambutannya berharap kegiatan multi lomba membawa manfaat untuk perkembangan “olah seni dan raga” di Kabupaten Garut.

“Apalagi Uniga saat ini telah memiliki 24 prodi yang salah satunya adalah program studi Pendidikan Jasmani. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membangun sinergitas untuk menciptakan atlet yang berprestasi di kemudian hari,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMA Kabupaten Garut, Drs. H. Cecep R Rusdaya, M.Pd. menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XI, yang telah menugaskan pihaknya menyelenggarakan kegiatan multi lomba.

“Kegiatan multi lomba meliputi kegiatan seni dan keolahragaan bagi siswa dan kegiatan prestasi yang diperlombakan bagi guru, tenaga administrasi sekolah, labora, pustakawan, pengawas dan kepala sekolah,” katanya.

Kegiatan keolahraagan dilaksanakan mulai tadi siang sampai dengan selesai yang dilaksanakan di berbagai lokasi, salah satunya di kampus Universitas Garut. Sedangkan untuk kesenian akan dilaksanakn mulai tanggal 15 Desember di Kantor Kejakaan dan Bakorwil.

Penanggung Jawab Bidang Keolahragaan, Drs. H. Ridwan Ruswanda, M. M.Pd. mengungkapkan, bidang keolahragaan akan mempertandingkan 7 cabang yaitu Karate, Pencak silat, Bola voly, Bulutangkis, Atletik, Tenis meja dan Renang. Pertandingan digelar di 4 lokasi yaitu Uniga, Kolam renang Rancabango, SMAN 1 dan SOR Kerkof.

“Kami berharap kegiatan ini melahirkan bibit atlet yang bisa dipersiapkan untuk event Popda, bahkan mungkin bisa lebih diadakan pembinaan oleh para pengurus Pengcab berserta KONI Kab. Garut untuk kepentingan atau event yang lebih besar,” katanya. (Abar)

Editor : J Wan

BAGIKAN