Kebakaran Kembali Terjadi Di Lahan Milik BKSDA

84

Ket Foto: Istimewa
GARUT, (KF).- Kembali terjadi, Hutan Gunung Guntur, di Garut, Jawa Barat terbakar. kebakaran tersebut Diduga akibat adanya gesekan batu di puncak gunung tersebut. Kebakaran yang terjadi di hutan cagar alam milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) tersebut berlangsung beberapa jam sebelum berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan (BKSDA) Garut.

Berdasarkan pantauan dilapangan lahan Gunung Guntur yang terbakar, tepatnya di Blok Rejeng, Kampung Cilopang, Desa Rancabango, Garut sekitar pukul 23.45 WIB, petugas masih melakukan penyisiran.

Petugas masih berusaha untuk memadamkan sisa-sisa kobaran api yang menyala dengan peralatan pemadam api.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Garut Erwin Gunadi mengatakan akibat kebakaran tersebut sejumlah pohon dan tumbuhan di hutan Gunung Guntur terbakar.

“Diantaranya ada pohon pinus, kayu putih, dan ilalang yang hangus terbakar,” ungkap Erwin kepada wartawan di lokasi kebakaran, Senin (4/9).

Erwin mengatakan hingga kini petugas masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang kerap kali terjadi di Gunung Guntur ini. “Penyebabnya kira-kira itu karena ini kan musim kemarau sehingga terjadi kebakaran,” katanya.

Untuk luas lahan yang terbakar, pihaknya belum bisa memprediksi. Petugas dilapangan, kata Erwin masih melakukan pendataan.

“Belum bisa diprediksi karena kami dari BPBD dan BKSDA masih melakukan pendataan di lapangan,” pungkas Erwin. (Tim)***

BAGIKAN