Kec Tarogong Kidul Luncurkan Inovasi Bayar PBB Gratis

293
Camat Tarogong Kidul, Hj Lilis Neti.S, Sos, MSi

KF – Kecamatan Tarogong Kidul melakukan terobosan (inovasi) baru untuk mengatasi tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB) warganya. Inovasi baru tersebut, dinamakan Tabungan Wajib Pajak (TAWAP) dan baru satu- satunya kecamatan di Kab Garut.

TAWAP merupakan suatu program pembayaran pajak bumi dan bangunan secara gratis melalui kegiatan kesadaran masyarakat dalam menabung dan membuka rekening tamasya intan di Bank BPR Garut dengan nominal tertentu, ungkap Camat Tarogong Kidul Hj Lilis Neti, S Sos M Si.

Saat ditemui di ruang kerjanya Lilis Neti menjelaskan terbentuknya progam TAWAP,
” berawal dari besarnya wajib pajak PBB Tarogong Kidul yang mencapai Rp 1.8 Milliar pada tahun 2016 yang harus dibayar serta kurangnya kesadaran warga masyarakat akan pentingnya membayar sebagai wajib pajak, walau pun begitu tetap saja menjadi tanggung jawab kami di Kecamatan, Kelurahan maupun Desa,” jelasnya.

Lebih jauh Lilis mengungkapkan, karena itu adalah PAD dan berusaha untuk mengejar target tersebut. kami pun mencoba bekerjasama dengan BPR Garut dan responnya pun baik maka lahirlah program TAWAP ini, ungkapnya.
Lilis menambahkan ” program ini baru diluncurkan pada tahun ini masih dalam tahap sosialisasi dan Alhamdulilah dari program Tawap itu Kecamatan Tarogong Kidul mendapat penghargaan dalam Acara mini expo inovasi pelayanan publik Kabupaten Garut dalam rangka HUT KORPRI ke- 45 tahun 2016, dari Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara ( PKP2A l LAN). Sebagai juara 1 inovasi terbaik dan juara 1 best publik service inivasi pelayanan publik,”pungkasnya. ( J Wan/dra R)

BAGIKAN