Kecamatan Garut Kota Kedepankan Inovasi Mesin Antrian, Dalam Lomba Sinergitas Kinerja.

59
Ket foto : Saat berlangsung nya ekspos lomba kinerja tingkat kecamatan. (Foto oleh : J.Gunawan)

GARUT, (KF).- Kecamatan Garut Kota salah satu kecamatan yang menjadi peserta dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2018, yang sebelumnya diawali oleh kecamatan Tarogong kidul pada pekan kemarin.

Kegiatan penilaian tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2019, bertempat di Aula Kecamatan Garut Kota Jl.Pramuka Kabupaten Garut.

Dalama acara ekspose tersebut selain dihadiri tim penilai yang diketuai Aji Sukarmaji dan Sekretaris Muksin, juga dihadiri Danramil 1011 Garut kota Edy Waryanto, Kapolsek Garut Kota. Kompol Uus Susilo, Para Kepala UPTD, Para Kepala Lurah, serta para kader PKK se-Kecamatan Garut Kota.

Dalam sambutan Bupati Garut yang dibacakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Bupati mengingatkan tentang pentingnya pelayanan publik yang merupakan bagian dari tugas pemerintah di semua tingkatan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan kinerja kecamatan pada kurun waktu tertentu. Karena penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan diperlukan evaluasi kinerja.

“Tugas pokok pemerintah ada tiga yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat, melaksanakan pembangunan dan melindungi masyarakat. Dengan adanya reformasi birokrasi, fungsi camat tidak lagi penggerak tetapi menjadi fasilitator bagi pemerintah Kelurahan dan Desa,”ucap Aji Sukarmaji.

Selanjutnya bupati mengharapkan semua komponen pemerintahan bersama-sama menjalankan tugas fungsinya dengan berorientasi kepada peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM).

“Tujuan dilaksanakannya penilaian kinerja ini adalah untuk mengevaluasi kinerja camat selama setahun kebelakang sebagai masukan kepada Bupati Garut dalam mengambil kebijakan Pemerintahan Daerah, serta aspek yang dinilai dari kegitan ini dititik beratkan pada kemampuan dan kapasitas dalam kepemimpinan di wilayah Kecamatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Garut Kota Drs Bambang Hafid M.Si menyampaikan eksposenya di depan Tim Penilai. Dalam acara tersebut sudah nampak soliditas aparatur setempat dalam mendukung program ini.

Dalam ekspose nya Camat Garut Kota mengingatkan tentang pentingnya pelayanan publik yang merupakan bagian dari tugas pemerintah di semua tingkatan.

“Tugas pokok pemerintah ada tiga yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat, melaksanakan pembangunan dan melindungi rakyat yang berorientasi kepada peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM).”ungkapnya

Ia juga memaparkan inovasi yang ada di Kecamatan Garut kota, lanjutnya inovasi yang menjadi unggulan di Kecamatan Garut Kota yaitu kita mempunyai lima gerakan peduli sehat diantaranya membantu masyarakat miskin seperti Rutilahu, Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan.

“Alhamdulillah selain itu kita juga mengedepankan inovasi mesin antrian pelayanan dan ajungan informasi yang didalamnya telah dibubuhkan aplikasi bagi empat nomer antrian loket pelayanan. Untuk mengatasi penumpukan antrian agar lebih tertib”, pungkasnya. (J.Gunawan)

Editor : Indra R

BAGIKAN