Kecamatan Tarogong Kidul Sosialisasi Program Inovasi Desa

82
Ket foto: Saat pelaksanaan sosialisasi Program Inovasi Desa, di Aula kantor kecamatan Tarogong kidul.

Wartawan : Indra R

GARUT, (KF).-Dalam upaya peningkatan komitmen dan sinergitas dalam percepatan pembangunan desa menuju desa mandiri dan sejahtera, melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD). Gelar Musyawarah antar Desa (MAD) Program Inovasi Desa(PID) Tingkat Kecamatan Tarogong Kidul, Senin(13/11/2017) Siang.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor kecamatan Tarogong kidul tersebut dihadiri langsung Camat Tarogong Kidul Hj.Lilis Neti, beserta Danramil Tarogong kidul, para Kepala UPT, Beberapa Kepala Desa, Serta perwakilan warga masyarakat disetiap Desa diwilayah Kecamatan Tarogong kidul.

Salah satu program kementrian desa untuk lebih mengoptimalkan dari pengelolaan dana desa itu sendiri, ” jadi untuk kegiatan-kegiatan inovasi masuk disitu dan bisa didanai dari dana desa, jadi program inovasi ini tidak terpisah dari program pemerintah melalui, penyaluran dana desa itu sendiri.” Ucap Parham Jamzami, Salah seorang Tenaga Ahli pelayanan Dasar P3MD.

Ket foto: Parham Jamzami, Tenaga Ahli pelayanan Dasar P3MD.

Lanjut dikatakan, Makanya kita memberitahukan kepada masyarakat yang ada di desa melalui Kecamatan, sehingga kita bisa mensosialisasikan bahwa Sanya sekarang itu ada Program Inovasi Desa(PID).

” Tentunya kelengkapan apa yang harus ada ketika program ini, diluncurkan seperti ditingkat kecamatan, ada yang namanya Tim pengelola inovasi desa, yang mana salah satu tugasnya untuk mengelola dana bantuan pemerintah untuk melaksanakan inovasi itu sendiri,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, untuk program kedepannya ditingkat kabupaten ada Tim Inovasi Kabupaten, untuk pengelolaan yang nantinya namanya Bursa inovasi Desa, ” nantinya disitu akan seperti pameran, setiap desa akan mempamerkan inovasinya yang dapat menunjang penggunaan dana Desa ini, baik itu dari Kabupaten atau dari luar, dan apakah nanti desa mau mereplikasi itu atau tidak. Namun tidak ada paksaan untuk ikut mereplikasi tersebut, akan tetapi disesuaikan dengan kebutuhan itu sendiri.” Paparnya

Sementara, Kepala Kecamatan Tarogong Kidul Hj.Lilis Neti saat ditemui, mengatakan pihaknya sangat mendukung dengan program Program Inovasi Desa tersebut.

“Program tersebut cukup baik tentunya, dan nanti setelah ada pembentukan ini, di setiap desa akan dituangkan Bursa Inovasi,” ucap Hj.Lilis

Dikatakannya, Tim dari hasil nanti pemilihan hasil rapat nanti akan menginpentalisir apa saja disetiap desa yang menjadi gagasan mereka yang ada di setiap desa, ” baik itu infrastruktur, ekonomi, yang bersumber dari dana desa. Dan tentunya bersama-sama dalam satu Kecamatan,” tandasnya.

Editor: Tomy/ivan’s

BAGIKAN