Kejuaraan Renang Antar Pelajar Bupati Garut Cup Diikuti 500 Lebih Atlet Se Jawa Barat

102

Koran-Fakta.Com (KF). – Kejuaraan renang antar pelajar memperebutkan Piala Bupati Garut 2019 diikuti 500 lebih atlet dari seluruh Jawa Barat. Kejuaraan digelar di Kolam Renang Wihoga, Kecamatan Kadungora, Garut, Sabtu (16/11/2019).

Para peserta, berasal dari 215 sekolah SD dan SMP di Jawa Barat.Sekretaris Panitia Pelaksana kegiatan, Uceng Jaelani menyebutkan, animo peserta cukup besar tiap kali kejuaraan renang digelar di Garut. Jika panitia tidak membatasi peserta, jumlahnya bisa lebih membludak.
“Kolam dan sarana pendukung lainnya terbatas, hanya ada satu kolam renang untuk 25 meter, belum sarana buat penonton,” kata Uceng.

Dengan fasilitas kolam yang ada, menurut Uceng penonton memang tidak mendapatkan tempat yang baik. Padahal, hampir tiap peserta didampingi oleh orangtuanya masing-masing yang ingin menyaksikan anaknya bertanding.
“Kolam yang memiliki panjang cukup untuk pelaksanaan lomba di Garut memang tidak banyak,” katanya.

Karenanya, Uceng sangat antusias menyambut rencana pembangunan GOR Aquatic untuk pelaksanaan Porda 2022 untuk cabor renang di Garut.
“Kita bisa banyak menggelar kejuaraan, bibit-bibit atlet akan banyak bermunculan di Garut,” jelas Uceng yang juga pelatih renang di Aqualux Swimming Club.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Deni Suherlan yang membuka kejuaraan menyampaikan, saat ini Pemkab Garut memang telah melakukan berbagai persiapan pembangunan GOR Aquatic tersebut yang akan digunakan untuk pelaksanaan Porda Jawa Barat 2022.

Rencana detail desain GOR pun telah dibuat dan tengah dibahas pemerintah bersama KONI Kabupaten Garut.
“Kita terus lakukan pembahasan perencaannya, mudah-mudahan apa yag kita rencanakan bersama bisa terwujud dan bermanfaat untuk semua,” katanya.

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Garut, Eutik Karyana melihat, even-even kejuaraan seperti yang dilakukan saat ini sangat bermanfaat bagi pembinaan atlet. Apalagi, melihat animo peserta yang begitu besar.

Bupati Garut H. Rudy Gunawan, menyebutkan, rencana pembangunan Venue Aquatic ini akan mulai dibangun tahun 2020 sebagai persiapan ditunjuknya Garut sebagai tuan rumah Porda jabar 2022 untuk cabang Aquatic. Untuk itu, Pemerintah Kab. Garut telah menyiapkan dana Rp. 25 milyar untuk mewujudkan pembangunannya. (Jay)

BAGIKAN