Kembali,  HILMI FPI Tasikmalaya Bahu Membahu Membantu Korban Longsor di Taraju

76

Koran-Fakta.com (Kab.Tasikmalaya)-Kamis (25/6/ 2020) pagi, Hujan yang turun berhari hari di Wilayah Tasik Selatan, membuat beberapa daerah di kawasan tersebut mengalami longsoran tanah.

Salah satu daerah yang tertimpa musibah longsor adalah Kampung Mekar Sari Desa Cikubang Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya,  Longsor terjadi pada hari Jum’at (19/6/2020) lalu sekitar pukul 20.00 WIB.
Tidak ada korban jiwa, namun akibat musibah longsor tersebut, puluhan warga yang terdampak bencana longsor mengungsi di tenda tenda darurat dan di rumah rumah warga yang selamat dari longsor.

Di lokasi pengungsian terdapat 30 kepala keluarga (KK) atau 94 jiwa yang terdampak longsor. Mereka mengungsi di tenda darurat, mushala, dan rumah warga yang dianggap aman.

Berdasarkan catatan di posko pengungsian, terdapat 30 rumah yang terdampak. Empat rumah rusak berat, sembilan rumah retak-retak, dan 17 rumah terancam. Selain itu, sekira 0,5 hektare sawah tertimpa longsor.

Hilal Merah Indonesia ( HILMI ) DPW FPI Tasikmalaya, salah satu sayap juang FPI Di bidang Kemanusiaan, langsung mendirikan Posko Bantuan Kemanusiaan sejak Hari Minggu (21/6/2020) lalu di lokasi bencana.

Bersama warga setempat, laskar laskar FPI bahu membahu menyelamatkan rumah rumah yang terancam ambruk, karena longsoran yang menggerus tanah sampai di bibir bangunan.

OGI Salah seorang petugas Posko FPI menjelaskan, keberadaan laskar FPI di lokasi bencana untuk membantu warga yg terdampak musibah longsor, baik berupa tenaga maupun bantuan lainnya, jelasnya.

Rencananya pada hari sabtu besok, team dokter dari Hilmi FPI Pusat akan datang ke lokasi untuk mengadakan Kegiatan Pengobatan Gratis bagi warga di lokasi bencana, tutur M Rahman Bendahara Hilmi FPI Kota Tasikmalaya.

Lebih lanjut Ust Mamay selaku Ketua Posko FPI, menuturkan bahwa Posko Bantuan Kemanusiaan FPI siap menerima titipan dari para donatur untuk disalurkan kepada warga.

Kegiatan evakuasi rumah yg masih bisa diselamatkan pada hari Rabu kemarin, langsung dipimpin oleh Ketua DPW FPI Kota Tasikmalaya KH Muhammad Yan-yan Al Bayani,S,Kom.I., M.Pd bersama Ketua HILMI FPI Ust Arip Budiman.S.KM.

Tokoh masyarakat setempat Ajengan Aep Saepul Milah (53) mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran para Laskar FPI yang tanpa pamrih turut membantu warga di lokasi bencana longsor, ungkapnya kepada awak media (Tono Efendi).

Editor : J wan

BAGIKAN