Kemenag: Kuota Haji 2017 Kab Garut Bertambah

1139

Garut,KF – Kuota haji 2017 untuk Jawa Barat telah kembali normal sekaligus ada penambahan, sehingga otomatis Penambahan kuota ini akan memangkas waktu tunggu calon jemaah haji.Penambahan kuota itu merupakan bagian dari tambahan 10 ribu jamaah haji untuk Indonesia sebagai hadiah dari pemerintah Arab Saudi Raja Salman. Tambahan kuota itu kemudian dibagi-bagi untuk berbagai provinsi di Indonesia.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kab Garut Drs H Usep Saepudin Muhtar, M.PD. menjelaskan, “tahun 2017 ini, Alhamdulilah kuota jamaah calon haji untuk Kab Garut kembali normal menjadi 1911 orang, kembali lagi seperti tahun 2012 lalu yang sebelumnya hanya 1444 orang,” jelasnya.

Kepala Kemenag kab Garut, Drs H Usep Saepudin Muhtar, M.PD.
Kepala Kemenag kab Garut, Drs H Usep Saepudin Muhtar, M.PD.

Menurut dia, dari 10ribu penambahan kouta haji Indonesia,termasuk Jawa Barat yang mendapatkan jatah 1.227 orang. “Alhamdulillah Kabupaten Garut kebagian, walapun tidak banyak,jadi Kab Garut pada tahun ini sebanyak 1911 jamaah. Untuk keberangkatan diawal bulan Agustus.”kata H Usep, diruang kerjanya, Senin(06/03/2017).

Usep mengatakan,”dengan kembali normalnya kuota dan adanya penambahan kuota, maka otomatis daftar tunggu haji pun berkurang. Jadi calon jemaah menjadi meningkat,”ucapnya.

Namun, dia mengakui, rata-rata daftar tunggu jamaah calon haji di Kab Garut yang tadinya masih sekitar 12 sampai 13 tahun. Maka sekarang waiting list nya bisa menurun menjadi 9 atau 10 tahun,” pungkasnya.(J Wan)pemulangan-jamaah-Haji(1)

BAGIKAN