Kemenag: Masih Kurangnya Update EMIS

209
Kasi PD PONTREN Kemenag Kab Garut, Surya Mulyana M Ag

Garut, KF – Education Management Information System (EMIS) adalah pusat pendataan pendidikan Islam satu pintu sangat berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program Pendis. Tidak terasa sekarang telah memasuki Semester Ganjil 2016-2017. Seperti yang di ketahui, bahwa di semester ganjil para operator harus telah melakukan pendataan bagi madrasahnya masing-masing yaitu melalui pendataan ulang berbasis EMIS.

Saat ditemui Kasi PD Pontren Kemenag Kab Garut mengatakan, bahwa Semester Ganjil 2016-2017 sekarang, para operator sekolah diwajibkan untuk pemutakhiran data Sekolah atau Madrasahnya melalui pendataan EMIS.” Ini semua diwajibkan setiap tahunnya untuk pendataan ulang EMIS semester ganjil, Pendataan EMIS ini atas surat edaran dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI,” kata H Surya Mulyana M Ag saat ditemui diruang kerjanya.

Surya pun menyayangkan masih banyaknya lembaga-lembaga yang sampai saat ini belum mendaftarkan ulang data EMIS pada Kemenag Kab Garut, dari 660 pesantren yang ada baru sekitar 80 lembaga yang melakukan pendataan dan sebanyak 9000 santeri,ungkapnya.

Surya pun menghimbau , karena Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menentukan batas akhir waktu upload data EMIS dari setiap satuan pendidikan paling lambat tanggal 18 Januari 2017.” oleh karena itu masih banyaknya pesantren yang belum melakukan pendataan ulang EMIS. Kemenag kab Garut memberikan kesempatan, bagi pesantren yang belum melakukan data EMIS agar segera melakukan nya sampai hari Jumat (20/01), tuturnya.

Lebih jauh Surya menjelaskan, Bagi satuan Pondok pesatren, TPQ, diniyah takmiliyah, muadalah, dan majelis taklim yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS. Sehingga secara otomatis tidak akan mendapatkan program atau bantuan dari kemenag selama EMIS nya tidak update. Hal ini secara otomatis berlaku bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang ada di dalamnya,” jelasnya.(J Wan)

BAGIKAN