KemenDes RI dan KemenPora Bekerjasama Bakal Gelar Sepak Bola Liga Desa

133

Wartawan : J Gunawan

GARUT, ( KF )- Pertama kalinya Kementrian Desa ( Kemen-Des) RI Bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (KemenPora) RI , bakal menggelar Sepakbola Liga Desa tahun ini yang rencananya akan digelar sekitar bulan November dan Desember 2017. Kata Drs Kuswendi M.Si Kadispora Kab.Garut, di GOR Beladiri Gelora Intan jalan Ciateul Garut, Rabu(25/10).

Ia mengatakan, Kegiatan Liga Desa baru dua provinsi yaitu provinsi Banten dan provinsi Jawa Barat, untuk kerjasamanya sendiri melibatkan PSSI, DISPORA dan KONI, tuturnya.

Sambung Kuswendi, selain itu hanya 16 club yang bisa mengikuti Liga Desa ini, Sementara kita tau Kabupaten Garut sendiri ada sebanyak 421 Desa.” Insyalloh untuk tahun kedua akan bisa terakomodir seluruhnya,” tuturnya.

Rencananya kami akan berkoordinasi dengan Camat dan para Kepala Desa.
untuk merumuskan bagaimana kemasan ini agar nanti bisa langsung tampil sebanyak 16 club.

“karena ini awal dan terbentur dengan anggaran yang tidak sedikit dan akan melihat kecamatan mana saja yang sanggup,” ujarnya.

Menurutnya, karena kemendes akan bertanggung jawab saat bisa masuk provinsi, jadi nanti setelah ada perwakilan dari kabupatan dan masuk keprovinsi, baru bertanggung jawab dalam artian anggaran penyelenggaraannya, jelasnya

Untuk sekarang memang ada dana sitimulan, akan tetapi ada koordinator di masing masing Kabupaten, “salah satunya perwakilan dari Garut, Dan yang jelas ini harus berputar di tahun 2017,” tandasnya

Ia berharap, mudah-mudahan kemendes ini juga, bisa betul-betul merencanakan untuk anggarannya, karena kami belum siap untuk menganggarkan pada tahun 2017 ini maupun tahun 2018,” harapnya

Ditambahkannya, Perkecamatan menyeleksi dan mengirimkan satu club, untuk peserta sendiri usianya dibatasi 20 tahun kebawah. Dan dalam waktu dekat ini kami akan berkoodinasi dengan KONI, PSSI agar rencana tersebut bisa berjalan dengan baik. pungkasnya.

Editor : Indra R

BAGIKAN