Kepala UDD PMI Garut, Tepis Kekurangan Stok Labu Darah Ke RSU dr. Slamet

381
Ket foto: Rahmat Wijaya, Kepala UDD PMI Garut.

Wartawan :Beni

GARUT, (KF).- Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut. Rahmat Wijaya, pihak PMI Garut merasa dirugikan dengan adanya surat perjanjian kerjasama antara RSU dr. Slamet dengan PMI Kabupaten Bandung, ” Kami dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Garut, merasa dirugikan kerjasama tersebut, karena banyak darah di PMI yang kadaluwarsa ” kata Rahmat Wijaya Kepala UDD PMI Garut pada wartawan. Selasa (24/10/17).

Rahmat juga menuturkan, dampak dari perjanjian kerjasama ini labu darah yang ada di PMI Garut tidak terserap, akibat adanya kerjasama antara PMI Kabupaten Bandung dengan RSU dr. Slamet, sehingga pesanan darah dari RSU terbagi dua” Disisi lain kami kan harus menyiapkan stok darah, karena stok darah kekuatanya hanya satu bulan, bila tidak terserap oleh RSU dr. Slamet Garut maka banyak yang ekspayer atau kadaluwarsa,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, dengan adanya labu darah yang kadalurwasa di PMI Garut, pihak PMI merasa dirugikan dari segi materil seperti alat yang menekan biaya cukup tinggi. Disisi moril masyarakat Garut yang ingin berbakti untuk mendonorkan darahnya ” Untuk stok labu darah yang kadalurwasa sampai Bulan September sebanyak 236 labu darah yang kadalurwasa ” paparnya

Saat disinggung terkait mengatahui surat perjanjian kerjasama antara PMI Kabupaten Bandung dan RSU dr. Slamet Garut, dirinya dengan tegas tidak ada koordinasi pihak rumah sakit dengan PMI Garut, untuk kerjasama ini, makanya dirinya pun heran kenapa labu darah di PMI Garut selalu banyak stok darah yang ekspayer atau kadaluarwasa,

“Kami menyangkan atas sikap pernyataan Wadir Pelayanan dr. Slamet Garut, adanya permintaan labu darah yang kurang, didalm MUo kan sudah jelas, bila RSU dr. Slamet Garut meminta mungkim kami sediakan, tapi bila tidak koordinasi bagaimana kami tahu berapa-berapanya yang diperlukan pihak RSU dr. Slamet Garut ” ucapnya.

Editor: Tomy

BAGIKAN