Ketua KONI: Pembangunan SDM Olahraga Harus Jadi Perhatian Pemerintah

112

GARUT, (KF)-Selain pengembangan infrastruktur atau sarana dan prasarana, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi aspek penting supaya Garut maju dalam bidang olahraga. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Garut, H. Ato Hermanto didampingi Sekertarisnya, Rizal Syam.

Menurut Ato, dalam pengembangan olahraga di Garut perlu adanya skala prioritas khususnya dari pihak Pemerintah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, sebagai penyedia anggaran dalam pengembangan olahraga di Daerah.

“Skala prioritas ini tentu untuk lebih mendorong bidang mana yang paling potensial di Garut kemudian didorong dari berbagai aspek sangkan bidang olahraga potensial ini semakin maju dan menorehkan prestasi hingga tingkat tertinggi. Pengembangan olahraga ini harus dibangun SDM-nya dulu, baru infrastruktur,” kata Ato.

Sementara Sekertaris KONI Garut, Rizal Syam, mengatakan, dibanding beberapa tahun sebelumnya, terjadi penurunan dalam segi apresiasi dari Pemerintah Daerah terhadap para atlet berprestasi. Pemberian
apresiasi terhadap atlet seolah sulit untuk saat ini, padahal dengan prestasinya kata Rizal, atlet sudah memberi sumbangsih mengharumkan nama daerah bahkan Negara.

“Seperti contoh kita gunakan atlet amatir bukan profesional, tapi ketika ada event sekelas Porda, PON
atau Sea Games itu sudah selayaknya atlet mendapatkan reward . Penghargaan bisa berupa apa saja, baik itu uang, rumah atau pengangkatan sebagai karyawan atau bisa juga ia diangkat menjadi PNS. Dulu hal seperti itu tidak jarang didapat para atlet berprestasi. Banyak atlet yang diberdayakan di BUMN atau BUMD bahkan menjadi PNS, sekarang sulit. Adapun apresiasi saat ini diperoleh biasanya itu melalui dorongan. Kita harapkan pemerintah bisa dengan sendirinya tanpa diminta, dan Alhamdulillah katanya aatlet peraih emas Sea Games dijanjikan PNS, dan di Garut ada yang dapat, mudah-mudahan itu menjadi semangat bagi para atlet,” ujar Rizal.

Terpisah, Kepala Bidang Olahraga pada Dispora Kabupaten Garut, drs H Tito Sugito MM Pd, mengatatakan, pihaknya tengah berupaya untuk terus mengembangkan ragam potensi, baik itu atlet maupun sarana dan prasarana olahraga yang dimiliki Kabupaten Garut.

“Tentu dengan segala keterbatasan, kita tetap berupaya maksimal. Dispora terkonsen di tataran Pelajar, sementara diluar itu, tentu ada KONI. Untuk pengembangan olahraga kita, ada satu kegiatan pelatihan untuk guru-guru olahraga atau guru-guru ekstrakulikuler, di agenda Dispora ada peningkatan mutu SDM pelatih-pelatinhnya,”ungkapnya.

Mengenai skala prioritas yang dilakukan, Tito mengungkapkan, Garut memliki potensi dalam bidang olahraga beladiri, terbukti banyak atlet beladiri asal Garut yang berprestasi hingga Nasional bahkan
Internasional. Sehingga dengan melihat itu, Pemkab Garut mendirikan GOR Beladiri guna menggenjot potensi olahraga di Garut. (Jay)

BAGIKAN