Kewenangan SMA/K Kini Mulai Dipegang Pemerintah Provinsi

143

KF.- Kewenangan Sekolah Menengah Akhir atau Kejuruan (SMA/K) Sudah Mulai beralih ke Pemerintah Provinsi, sebelumnya kewenangan tersebut dikelola oleh Pemerintah kabupaten Garut.

Kewenangan tersebut mulai direalisasikan januari 2017. sementara dalam 3 bulan ini Sudah Mulai melakukan pelimpahan aset, sarana prasarana, sumber daya, sekolah SMA/K yang nantinya akan dikelola oleh pemerinta provinsi, termasuk guru PNS hampir 1553 Orang dan 1333 Orang Guru Non-PNS ditingkat SMA dan SMK.

“Saat ini SMA/K sudah dilimpahkan ke Provinsi, tetapi sekarang belum seluruhnya dipegang Provinsi, nanti pada Januari 2017. Sekarang mulai dilakukan pelimpahan-pelimpahan seperti Aset, Sumber Daya termasuk para guru dan staf sekolah SMA/K,” Ucap Sekertaris Dinas Pendidikan, Dede Sutisna pada wartawan. Kamis (6/10/2016).

Sambung Dede, “Untuk aset tanah dan sarana prasarana sekolah swasta tidak, karena lahan bangunan sekolah swasta didirikan oleh swasta. dan untuk keuangan dan pembiayaan seperti Gaji pegawai dan sebagainya masih berada di kewenangan Pemerintah Kabupaten Garut sampai bulan Desember 2016”.Katanya

Lebih jauh dikatakan, untuk Unit Pelakasana Teknis Daerah (UPTD) bagi SMA/K di 27 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat akan terbagi menjadi 9 wilayah, yang mana dalam satu wilayah atau per Unit Pelaksana Teknis menaungi 3 Kabupaten atau Kota. 

“Saat ini jumlah sekolah SMA di Kabupaten Garut ada 99, 30 diantarnya sekolah Negeri, sedangkan untuk SMK di Kabupaten Garut terdapat 119 sekolah.”Ujarnya (Indra R)

BAGIKAN