Kiamis Fastival 2017, Hibur Warga Desa Pasir Kiamis.

99
Ket foto: Istimewa

Jurnalis: Ph

GARUT, (KF).-Bertempat di Lapangan Nyalindung Desa Pasir Kiamis Kecamatan Pasir Wangi Kabupaten Garut berlangsung acara Kiamis Festival 2017 yang diselenggarakan oleh Pemuda Karang Taruna Desa Pasir Kiamis pada hari sabtu (23/12).

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gangan, beserta Jajarannya. Juga dihadiri Forkopim Kecamatan Pasir Wangi juga Kepala Desa Pasir Kiamis, Dani Ramdani Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda Desa Pasir Kiamis.

Dalam sambutannya Kadisparbud menyatakan dukungannya atas diadakan Kiamis Festival ini, Jajarannya akan selalu mencari Desa yang berpotensi seperti ini

“Kami sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Garut memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Kiamis Festival ini, karena ini bentuk nyata dari peranan desa dan para warganya terutama peran serta Karang Taruna dalam menciptaka Desa yang sadar seni dan budaya sehingga tercipta pula Destinasi Wisata yang sekarang ini sedang digalakan oleh Pemerintah Kabupaten Garut.” paparnya.

Ket foto: Kadisparbud Kabupaten Garut, saat membuka acara kiamis

Budi Gangan bersama rombongan, didampingi Kepala Desa juga meninjau sebuah lokasi yang akan digali potensinya menjadi sebuah Destinasi Wisata alam yakni Situ Burung.

Disamping Wana Wisata yang akan dikembangkan juga ada wisata industri yang merupakan produsen dari pembuatan seeng, atau dandang yang masih mempergunakan cara yang masih tradisioanal atau hand made.

“Saya yakin Desa ini akan menjadi Desa yang berwawasan budaya karena saya melihat ada potensi yang dapat dikembangkan, dan saya harap pada Pak Kepala Desa agar membuat konsep untuk memberdayakannya”. pungkasnya

Ketua panitia pelaksana Sarip Hidayat mengataka bahwa pelaksanaan Kiamis Festival ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya sunda

“Penyelenggaraan festival semacam ini kami maksudkan untuk.lebih menggalang silaturahmi diantara pemuda dan pemudi juga untuk melestarikan seni dan budaya sunda serta menggali potensi yag ada di Desa Pasir Kiamis dan Sekitarnya” ungkap Sarip

Selain kesenian Karinding dan celmpung serta kacapi suling dari penampilan para pemuda juga ditampilkan kesenian marawis yang juga banyak digandrungi di Pasir wangi ini.

Editor: Indra R

BAGIKAN