Kodim 0611/ Garut, Gelar Kegiatan Komsos Kreatif TA 2018 Lomba Melukis dan Lomba Tari Daerah

170

GARUT, (KF).- Dalam rangkaian Komsos Kreatif Tahun Anggaran 2018, Kodim 0611/Garut, menggelar Lomba Melukis dan Lomba Tari Daerah, yang dilaksanakan di Aula Babinsa Kodim 0611/Garut Jl. Veteran No.1 Kelurahan Pakuwon Kec. Garut Kota Kab. Garut, Selasa (7/8/2018).

Komsos Kreatif TA 2018, dalam lomba ini dengan Tema ” Melalui Kemanunggalan TNI- Rakyat, Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme”. Di ikuti 200 Orang Peserta dari Sekolah SMA Se- Kabupaten Garut.

Kegiatan di hadiri Dandim 0611/Garut yang diwakili Pasi Ter Dim 0611/Garut Kapt. Inf Dadang S , Pasi Pers 0611/Garut Kapt. Caj (k) Fuji Rahayu , Para Kepala Sekolah dan Guru – Guru serta Para pembimbing Peserta dari tiap Sekolah

Dalam sambutannya Dandim 0611/Garut, Letkol Inf Asyraf Aziz S. Sos yang dibacakan Ketua Panitia Pelaksana Pasi Ter Dim 0611/Garut, Kapten Inf Dadang Setiawan menyampaikan, Saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta kegiatan Komsos Kreatif, mudah-mudahan kehadiran kita semua ditempat ini diberikan keberkahan oleh Allah SWT dan menambah keeratan hubungan silaturrahmi kita amin.

Dalam rangka mendukung tugas pokok TNI-AD membangun pola kebersamaan/kemanunggalan antara TNI AD dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam upaya menjaga dan mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI. Sedangkan sebagai kekuatan kultural, bermakna prajurit TNI memiliki wawasan kebangsaan atas dasar kemajemukan kultur dan budaya bangsa sebagai basis berdirinya NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Senantiasa mempertahankan, mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa sekaligus menghormati dan menjunjung tinggi nilai- nilai atau kearifan lokal dimanapun bertugas dan berada, katanya.

Para peserta yang mengikuti Kegiatan Komsos Kreatif TA 2018Lomba Melukulis dan Lomba Tari Daerah

Lanjut nya, Binter yang dilaksanakan oleh TNI AD sesuai dengan Doktrin Kartika Eka Paksi melalui kegiatan penyelenggaraan, pengembangan, pengaraharan dan pengendalian potensi Wilayah Pertahanan dengan segenap aspeknya menjadi Kekuatan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara di darat untuk membantu pemerintah, ucapnya

Dengan Thema ” Melalui Kemanunggalan TNI – Rakyat, Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme”, dan Memiliki Tujuan. Menjalin Komunikasi sosial yang sehat dan harmonis melalui perlombaan-perlombaan untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI-AD dengan segenap Komponen Masyarakat dalam rangka mewujudkan cegah tangkal Radikalisme, ujarnya.

Siswa siswi saat mengikuti kegiatan melukis dan tari daerah

Dandim pun berharap kegiatan ini diharapkan,
1. Terwujudnya kemanunggalan antara
Komponen Masyarakat dengan TNI-AD guna
mencegah dan menangkal Radikalisme.
2. Terpeliharanya hubungan antara Prajurit TNI- AD dengan Seniman/Seniwati, Civitas Akademika, Atit dan Pelajar serta seluruh Komponen Masyarakat lainnya.
3. Tercapainya pemahaman Kebijakan Pimpinan TNI-AD dikalangan Seniman/Seniwati, Civitas Akademika, Santriawan/Santriwati, Atlit dan Pelajar serta seluruh Komponen Masyarakat lainnya.
4.Terwujudnya jalinan kerjasama yang baik antara Prajurit TNI-AD dengan Seniman/Seniwati Civitas Akademika, Santriawan/Santriwati, Atlit dan Pelajar serta seluruh Komponen Masyarakat lainnya.
5. Terwujudnya saling pengertian dan
kebersamaan dalam menyikapi kebijakan Pimpinan TNI-AD.
6. Terwujudnya pemahaman yang sama
terhadap perkembangan situasi yang berkembang di wilayahnya, dan
7. Terbentuknya kader perlawanan wilayah di setiap wilayah satuan Komando Kewilayahan.

” Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, para peserta yang hadir dapat memahami isi dari materi-materi yang akan dilombakan yang nantinya disampaikan secara detail oleh panitia. Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan penuh kesungguhan, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi, ” pungkasnya.

Adapun materi yang akan dilombakan dalam kegiatan Komsos Kreatif TA 2018 ini, yaitu :
– Melukis bertemakan Kemanunggalan
TNI-Rakyat.
– Kesenian Daerah/Nasional; Tari Kelompok, dan Tari Perorangan (Tunggal).

Laporan : J Gunawan

Editor. : Tom