Kolaborasi Seni Sunda Buhun, Pecahkan Rekor ORI.

162
Ket foto: Istimewa

Jurnalis : Ph

GARUT, (KF).- Kompleks Marina Situ Bagendit menjadi hari yang bersejarah karena pada hari Minggu (7/1/2018) telah dilaksanakan Pemecahan Rekor Kolaborasi Seni Sunda yang terpadu selama 14,4 menit. Kolaborasi unik tersebut menampilkan Debus, Dodombaan, Bambu gila, Jaipongan, Pencak silat, Calung, Gondang, Rampak Kendang, Rampak kacapi, Karinding.

Disamping gelaran seni budaya yang dilakukan secara serentak juga penyuluhan tentang bahaya narkoba terpadu secara edutainment oleh Brigjen Pol. Dr. Viktor Pudjiadi Spb.Fiks D.Fm.

Acara yang berlangsung dari hari sabtu malam (6/1) sampai hari Minggu (7/1) dan dibuka oleh Pementasan Seni Sunda buhun Tarawangsa dihadiri oleh perwakilan kementrian Pariwisata dan Budaya, Kasdim 0611/Garut, Para tokoh Kebudayaan dan Komunitas pendukung kebudayaan sunda lainnya.

Secara kuantitatif dan kualitatif menurut Presiden ORI helaran Seni Budaya yang dinilai oleh ORI kali ini sangat memenuhi kriteria penilaian

“Penilaian ORI tentu saja berdasarkan kesepakatan bersama yang telah di setujui sebelumnya yakni kolaborasi unik selama 14,4 menit dengan para pelaku seni sebanyak 120 orang terdiri dari 4 penunggang dodombaan dua diantaranya pemain debus, 16 orang pemanggul dodombaan, 10 orang pemain bambu gila 2 diantaranya pawang, jaipongan 4 orang, karindig 44 orang, celempung 4 orang rampak kendang 6 orang, rampak kacapi 4 orang, pembawa panji dan bendera sebanyak 28 orang” jelasnya.

Helaran budaya ini ditutup dengan sambutan camat Banyuresmi yang menyatakan kebanggannya bahwa helaran budaya ini diadakan diwilayah kecamatannya.

“Sepertinya saya harus terus berupaya agar seni dan budaya ini terus terjaga kelestariannya sebagai aset bangsa dalam mengisi pembangunan, dan saya berharap Asgar sebagai pioner dalam pengembangan serta pelestarian seni budaya terus memberikan sumbangsih yang positif agar generasi muda termotivasi, sehingga Seni Budaya sunda terus ada dan dilestarikan.” ujarnya.

Editor : Indra R

BAGIKAN