Kota Tasik Berhasil meraih Nilai B pada LHE AKIP dari Menpan-RB

61

Jurnalis : Tono Efendi

Bandung, (KF) – Pemkot Tasikmalaya baru pertamakalinya meraih Nilai B atas LHE AKIP ( Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah ) dari MenPAN-RB.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kembali menyerahkan hasil evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) 2016 kepada pemerintah Kabupaten/ kota, di Hotel Grand Royal Panghegar, Kota Bandung, Rabu (25/1) lalu.

Penyerahan LAKIP tahun 2016 ini dibagi menjadi tiga regional, di mana regional pertama mewakili wilayah Sumatera, Banten, dan Jawa Barat. Regional I yang dievaluasi oleh Kemenpan-RB, mewakili 172 pemerintah Kabupaten/Kota. Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2015, nilai rata-rata evaluasi hanya 46,92. Sedangkan, pada 2016 rata-rata nilai evaluasi adalah 49,87. Sebanyak 425 Kabupaten/ Kota atau 83 persen dari total seluruh Kabupaten/Kota masih mendapat nilai di bawah B.

Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman mengaku bangga sekaligus terharu atas penghargaan yang diterimanya.

“Alhamdulillah Pemkot Tasikmalaya baru pertamakalinya meraih Nilai B atas LHE AKIP dari MenPAN-RB, artinya Kinerja semakin efekif dan efisien, serta  kesesuaian dengan RPJMD. Target kedepan harus bisa nilai A, pasti bisa,” ucapnya optimis kepada koran-fakta.com, Jumat (26/1/2018).

Editor: j Wan

BAGIKAN